BI Serahkan Uang Peringatan Kemerdekaan Pecahan Rp 75.000 ke Gubernur Koster

(Ki-ka) Dirut BPD Bali, I Nyoman Sudarma, Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho saat menyerahkan Uang Peringatan Kemerdekaan pecahan Rp 75.000.

 

Bacaan Lainnya

DENPASAR | patrolipost.com – Salah satu penerima Uang Peringatan Kemerdekaan pecahan Rp 75.000 yang diluncurkan Bank Indonesia dalam memperingati Kemerdekaan 75 Republik Indonesia yaitu Gubernur Bali, I Wayan Koster. Uang pecahan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala KPw BI Bali, Trisno Nugroho di Rumah Jabatan Jayasabha, Senin (17/8/2020). Peluncuran uang peringatan kemerdekaan dilakukan serempak di seluruh Indonesia melalui virtual oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.

Usai menerima uang baru edisi khusus peringatan HUT RI ke-75, Gubernur Koster menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Gubernur Bank Indonesia, khususnya KPw BI Bali di bawah pimpinan Trisno Nugroho, sembari berujar, uang baru pecahan 75 ribu ini merupakan capaian pembangunan kemerdekaan RI yang mengedepankan Kebhinekaan Indonesia yang tercermin dalam simbol-simbol dalam pecahan uang baru edisi Kemerdekaan RI ke-75.

“Uang edisi ini bisa dijadikan spirit kedepannya bagi bangsa Indonesia di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Supaya Indonesia tetap kokoh, solid bergerak di bawah naungan ideologi Pancasila, UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tukasnya.

Menurut Koster ini merupakan modal politik bersama bangsa, agar kedepannya Indonesia menjadi negara yang maju seperti yang dicita-citakan para pendiri negeri ini.

“Baik Bung Karno ataupun Presiden Jokowi menginginkan negeri ini maju yang ditandai dengan dibangunnya sumber daya yang unggul untuk Indonesia Maju,” ujarnya seraya menyampaikan apa yang dirancang pemerintah sejalan dengan program pemerintah Provinsi Bali yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” menuju Bali Era Baru di masa pasca pandemi Covid-19.

Gubernur Koster kembali menyampaikan terima kasihnya atas dipilihnya Tenun khas Pengringsingan asal Kabupaten Karangasem yang digunakan dalam uang edisi khusus peringatan kemerdekaan RI ke-75 sebagai penanda era baru di dalam mata uang tersebut.

“Satu penghormatan dan penghargaan bagi masyarakat Bali, tentunya sangat istimewa,” ucap Gubernur Koster.

Sementara itu, Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho menyampaikan uang edisi khusus ini nantinya juga bisa diperoleh masyarakat melalui aplikasi pintar.bi.go.id, terhitung mulai 17 Agustus 2020.

“Bank Indonesia mencetak sekitar 75 juta uang pecahan untuk edisi kemerdekaan. Nanti masyarakat bisa mendapatkan satu keluarga satu saja,” kata Trisno Nugroho.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan optimisme dengan dikeluarkannya pecahan edisi khusus yang ditandai dengan mensyukuri anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka, simbol memperteguh kebinekaan, dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang.

Senafas dengan Gubernur Koster, Trisno Nugroho juga menyampaikan rasa bangganya lantaran tenun khas Kabupaten Karangasem, yaitu Tenun Pegringsingan menjadi salah satu penanda di uang baru edisi Kemerdekaan RI ke-75.

“Kita bangga ya, Tenun Pegringsingan jadi penanda uang edisi khusus ini,” tutupnya. (Red)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.