Pertama! TNI-Polri Kibarkan Sang Merah Putih di Perempatan Jalan

  • Whatsapp
Suasana upacara pengibaran merah putih di perempatan jalan oleh personel TNI-Polri.

DENPASAR | patrolipost.com – Untuk pertama kalinya, peringatan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2020 dan pengibaran sang saka Merah Putih yang dilakukan di perempatan jalan, Simpang Sanggaran Benoa, Denpasar, Senin (17/8/2020) siang.

Satu jam sebelum upacara tersebut dimulai, sejumlah aparat gabungan dari TNI-Polri sudah tiba di lokasi dan menyebar di beberapa titik di simpang empat Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai – Jalan Sesetan, tepatnya di perempatan Sanggaran, Pelabuhan Benoa, Denpasar. Bahkan beberapa mobil patroli dari Pangkalan TNI AL (Lanal Denpasar), Polairud, Satlantas, dan Brimob Polda Bali juga tampak standby di sekitar lokasi tersebut.

Bacaan Lainnya

Selain bersinergi untuk membantu petugas lalu lintas dalam menertibkan para pengguna jalan, sebagian tampak sibuk turut menyosialisasikan kepada para pengguna jalan dan masyarakat sekitar tentang rencana penggelaran Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di tengah perempatan jalan tersebut.

Tepat pukul 11.15 Wita semua kendaraan diberhentikan petugas dan semua pengendara diminta untuk mematikan mesin kendaraan serta berdiri tegap di samping kendaraannya masing. Dengan sikap sempurna seluruh pengguna jalan diajak untuk hening sejenak dan memberikan penghormatan kepada sang Merah Putih.

Kemudian, Komandan Kapal Angkatan Laut (KAL) Tanjung Pandangan Letda Laut (P) Triono yang ditunjuk sebagai Komandan Upacara memasuki area upacara di perempatan jalan tersebut. Disusul beberapa petugas pembawa/pengibar bendera Merah Putih berukuran besar dan berhenti persis di titik tengah perempatan Sanggaran.

Selanjutnya, diiringi bunyi sirine selama tiga menit (pukul 11.17 – 11.20 Wita) semuanya tampak tertib dan khidmat mengikuti prosesi upacara tersebut. Termasuk sekitar 100 personel gabungan TNI-Polri yang dilibatkan dalam upacara kali ini terlihat sangat khusuk meski harus berdiri tegap dengan sikap sempurna di tengah terik matahari.

Seluruhnya juga terlihat disiplin menerapkan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker dan selalu menjaga jarak aman (physical distancing).

“Tujuan digelarnya upacara tersebut di tengah perempatan jalan ini untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan mengobarkan semangat nasionalime, sekaligus turut merayakan dan memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Ri,” ujar Letda Triono, didampingi sejumlah perwira TNI-Polri. (246)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *