Bupati Suwirta Lepas 250 Ekor Tukik di Pantai Klotok

Bupati Klungkung lepas tukik di Pantai Klotok, Jumat (14/8/2020).

SEMARAPURA | patrolipost.com – Sebanyak 250 ekor tukik atau anak penyu jenis Lekang dilepaskan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Pantai Watu Klotok, Jumat (14/8/2020). Turut mendampingi Bupati, Wakil Ketua DPRD Tjokorda Gde Agung, Ketua Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Agus Budi Santoso, TCEC Serangan dan warga setempat.

Tukik-tukik ini lahir dari sebagian hasil upaya penyelamatan pendederan atau penanaman telur penyu yang ditemukan di sisi barat  Pantai Watu Klotok hingga Pantai Sidayu sebanyak 2.900 butir pada 19 Juli lalu.

Bacaan Lainnya

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan, ini sebagai bukti dan upaya Pemkab Klungkung dalam pelestarian penyu. Dirinya akan lebih serius membangun tempat konservasi penangkaran penyu dan penetasan alami.

“Niat Kami sudah bulat dan ini sebagai bukti dan saksi warga yang melihat melepasliarkan penyu, kita tidak boleh berhenti sampai disini. Kita harus secepatnya mempunyai tempat penangkaran dan penetesan alami,” ujar Bupati Asal Ceningan ini.

Lebih lanjut, tempat konservasi ini ke depannya diharapkan juga bisa menjadi tempat edukasi dan objek wisata. Selain sebagai kawasan suci, Pantai Watu Klotok akan menjadi tempat wisata sehingga bisa menarik retribusi kepada para pengunjung.

“Masih banyak telur penyu yang belum menetas, kita harapkan bisa menetas secara maksimal dan akan lepas kembali ke laut, ” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Agus Budi Santoso menjelaskan semua tukik yang lahir ini sudah siap dilepaskan ke laut. Telur penyu yang berasil menetas yakni jenis Penyu Lekang. Pihaknya berharap Pemkab Klungkung bisa mewujudkan segera sebuah tempat konservasi penyu di tempat ini.

“Anak penyu yang dilepas ini suatu saat nanti akan kembali bertelur di pantai ini,” ujar Agus Budi. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.