Akah Wakili Klungkung, Lomba Desa Produktif Bebas Covid-19

Lomba desa produktif bebas Covid-19 dihadiri Wabup Made Kasta. (ron)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta didampingi Ny Sri Kasta menghadiri acara penilaian lomba desa produktif bebas Covid-19 tingkat Provinsi Bali yang diwakili oleh Desa Akah, Kecamatan Klungkung, bertempat di Balai Desa Akah, Selasa (10/8/2020).

Tim penilai yang dipimpin Mayor I Gusti Made Sweda disambut Wabup Kasta bersama Kepala Dinas Kesehatan dr Made Adi Swapadni, Kepala BPBD Klungkung Putu Widiada serta prajuru adat dan dinas Desa Akah.

Perbekel Desa Akah Nyoman Sujati dalam laporannya menyampaikan, untuk menghadapi lomba ini desanya telah menyiapkan sejumlah program inovatif yang telah berjalan sejak maraknya penyebaran Covid-19 di Klungkung. Diantaranya menggunakan aplikasi smart desa dalam pengelolaan data penanganan Covid-19.

Selain itu dalam aplikasi tersebut juga terdapat fitur map tracker, sebuah menampilkan informasi lokasi lokasi warga yang positif Covid-19. Untuk menghindari kerumunan warga dalam mengurus surat surat ke kantor desa, saat ini kegiatan surat menyurat bisa dilakukan lewat aplikasi. Dengan demikian warga tidak harus berduyun duyun datang ke kantor desa.

Program inovasi wajib masker bagi warga yang keluar rumah (Wakerku) juga telah diterapkan dengan baik oleh warga Desa Akah. Apalagi saat melakukan kegiatan yang dilakukan secara bersama sama di tempat umum, warga diwajibkan menggunakan masker. Selain itu selama pandemik, desa juga telah melakukan penyemprotan desinfectan setiap 3 hari sekali ditempat – tempat umum maupun di rumah rumah warga.

Ketua tim penilai, Mayor I Gusti Made Sweda mengatakan lomba yang diprakarsai oleh TNI AD ini digelar bertujuan sebagai sarana untuk pemilihan kompetisi antar desa dalam mendukung tugas pokok TNI AD menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara. Sasaran yang ingin dicapai yakni desa diharapkan mempunyai protokol yang dibuat sendiri oleh masyarakat sesuai kebutuhan di wilayahnya dan sesuai kearifan lokal namun tetap memenuhi standar protokol kesehatan untuk Covid-19. Kriteria penilaian dalam lomba ini diantaranya di bidang organisasi, ekonomi, kesehatan dan sosial budaya.

Sementara itu Wabup Made Kasta dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada lima orang tim penilai di desa kelahirannya, Desa Akah. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Pemerintahan Desa Akah telah didukung oleh aplikasi pintar yang bisa diakses melalui telepon pintar. Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Pemkab Klungkung telah melakukan berbagai upaya dan cara baik itu Sekala hingga Niskala. Klungkung bahkan sempat mengalami nol peningkatan jumlah penderita Covid-19.

Namun belakangan jumlah penderita malah semakin bertambah seiring diberlakukannya new normal. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk berdamai dengan Covid-19. Hal ini dilakukan dengan menguatkan kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

“Kita harus berdamai dengan Covi-19 dengan cara menguatkan rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.” ujar Wabup Kasta.(855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.