Ketua K3S Gianyar Serahkan Bantuan Paket Sembako untuk Lansia

  • Whatsapp
Ny Surya Adnyani Mahayastra menyerahkan paket bantuan kepada kelompok senam lansia.

GIANYAR | patrolipost.com – Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra, didampingi Kadis Sosial Kabupaten Gianyar, AA Putri Ari menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada kelompok senam lansia. Acara penyerahan bantuan untuk 4 desa itu dilaksanakan di Pendopo Sekretariat Kantor TP PKK Kabupaten Gianyar, Selasa (11/8/2020).

Kadis Sosial AA Putri menjelaskan, paket sembako diserahkan untuk kelompok  lansia yang ada di Desa Singapadu Tengah Sukawati, Desa Singakerta Ubud, Desa Puhu Payangan dan Desa Suwat Gianyar.  Bantuan ini merupakan program rutin dari Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, dimana setiap tahunnya menyasar para lansia produktif di masing-masing desa di Kabupaten Gianyar. Paket sembako berupa 50 Kg kacang hijau, 50 Kg gula dan 50 kotak susu.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Ketua K3S, Ny Surya Adnyani Mahayastra mengatakan,  program ini sangat baik, karena PKK juga memiliki program terkait dengan lansia. Inilah yang diharapkan setiap kegiatan harus disinergikan satu dengan yang lainnya sehingga tidak menjadi tumpang tindih dan tepat sasaran. Dalam pandemi ini banyak sekali bantuan yang sudah diberikan baik oleh Bupati Gianyar Made Mahayastra, TP PKK maupun CSR yang peduli dengan kesejahteraan masyarakat.

“Saya juga mengapresiasi perhatian para kepala desa kepada lansia dengan membentuk kelompok senam lansia di wilayahnya masing-masing.  Ini menandakan bahwa program dari kabupaten maupun desa betul-betul bersinergi berkesinambungan,” ujar Surya Adnyani Mahayastra.

Ditambahkan, menjadi tua adalah sebuah kepastian, namun bagaimana kita membuat para lansia ini berdaya, itu yang harus kita lakukan. Jangan membuat para orangtua kita ini merasa jompo tidak bisa melakukan aktivitas apapun di usia mereka. Justru menurut istri Bupati Mahayastra ini para lansia harus diberikan aktivitas yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik mereka. Hal ini justru bisa menambah semangat hidup dan meningkatkan derajat kesehatannya.

Misalkan saja kita di Bali, sering melihat orangtua mejejahitan, metanding banten dan beberapa aktivitas lainnya, justru itu dapat melatih daya ingat mereka dan membuat mereka merasa berharga karena tidak membebani anak cucunya.

Program di  TP PKK tidak hanya memperhatikan bayi dari dalam kandungan saja, dengan memberikan bantuan PMT (pemberian makanan tambahan) bagi ibu hamil dan menyusui, namun juga secara menyeluruh mulai dari balita, remaja dan lansia. Ny Surya Adnyani Mahayastra juga berharap agar program lansia di desa semakin ditingkatkan. Saat ini memasuki fase new normal, senam lansia harus mulai digiatkan lagi, namun tentu saja dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Karena dengan berolahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh. (kominfo/eni)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *