Tiga Ribu Seniman Denpasar Dilibatkan dalam PKB

  • Whatsapp
DENPASAR – patrolipost.com – Sebanyak tiga ribu seniman mengikuti Pesta Kesenian Bali (PKB) Tingkat Kota Denpasar Tahun 2019 yang dibuka, Jumat (24/5) malam di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung.
Kadisbud Kota Denpasar IGN Bagus Mataram mengatakan, pada PKB kali ini, Kota Denpasar kembali mengirimkan duta keseniannya secara penuh untuk mengikuti ajang kesenian tahunan tersebut.

Sebanyak 3.000 seniman dari usia dini sampai lansia dengan berbagai cabang ilmu kesenian diturunkan sebagai duta seni Denpasar. Pada pembukaan, kata Mataram, ditampilkan 3 sekaa yang merupakan duta kota denpasar dan sebagai penampilan pertama yakni Sekaa Balaganjur ‘Janari Adhimukti’ Desa Pakraman Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat yang dalam PKB Provinsi Bali akan mengikuti materi katagori lomba.

Selain sekaa baleganjur akan ditampilkan juga Sekaa Gong Kebyar dewasa Sapta Yowana Kanti Kelurahan Sumerta Kecamatan Denpasar Timur yang akan berdampingan dengan Sekaa Gong Semara Pegulingan Kerthi Yasa, Banjar Suwung Batan Kendal Kelurahan Sesetan Denpasar Selatan.
“Ketiga sekaa beda generasi ini menampilkan beberapa garapan diantaranya Bayu Bajra, Kebyar Siar Siur, Kebyar Bang, pratidnya, Tari Kesari Gandrung, Tabuh Kreasi Ngelindur Nada dan Tabuh Langsing Tuban,” ungkap Mataram.

Pada gelaran Pesta Kesenian Bali ke-41 Tahun 2019 mendatang, Tim kesenian Kota Denpasar akan mengikuti 26 materi yang diwajibkan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. “Kami telah siap mengikuti seluruh materi yang diberikan oleh Provinsi Bali, sebanyak 26 materi. Secara umum sudah siap berlaga,” kata Mataram.

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan, Pemkot Denpasar berupaya terus membina sekaa kesenian yang ada di Kota Denpasar. Di samping juga melestarikan, menggali potensi serta menggembangkannnya. (btn)
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *