Sekda Rai Iswara Ikuti Pelantikan Pengurus Hiski Bali secara Virtual

  • Whatsapp
Sekretaris Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara dalam kegiatan pelantikan Pengurus HISKI Komisariat Bali masa bakti 2020—2024 secara virtual.

DENPASAR | patrolipost.com – Pengurus Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (Hiski) Komisariat Bali masa bakti 2020—2024 dilantik secara virtual melalui aplikasi video pertemuan webex, Jumat (7/8/2020) lalu. Sekretaris Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara dalam kepengurusan HISKI Bali ini didaulat sebagai penasihat.

Pengurus baru dipimpin Ketua Umum Hiski Komisariat Bali, Dr IGAA Mas Triadnyani, M Hum, dilantik Koordinator Bidang Pengembangan Hiski Pusat, Dr I Ketut Sudewa mewakili Ketua Umum Hiski Pusat, Prof Dr  Suwardi Endraswara.

Bacaan Lainnya

AA Ngurah Rai Iswara memberi semangat kepada pengurus dan anggota Hiski untuk tidak pernah menyerah, meskipun dalam kondisi serba terbatas. Sebagai organisasi sarjana kesusastraan, Hiski bisa menggulirkan kesadaran masyarakat kepada teks-teks sastra dan kebudayaan Bali secara umum.

“Ida Pedanda Made Sidemen dan I Gusti Ngurah Made Made Agung atau yang dikenal Ida Cokorda Mantuk Ring Rana, dua pengarang besar Bali abad ke-20, sudah mengingatkan melalui karya-karya sastra beliau yang luar biasa,” kata Rai Iswara.

Selanjutnya, para pengurus Hiski diharapkan bisa terus berkarya demi kemajuan Hiski dan dunia sastra. “Seperti semboyan Hiski, yakni Hiski jaya berkarya,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr IGAA Mas Triadnyani menegaskan, Hiski bukanlah organisasi yang hanya diperuntukkan bagi sarjana sastra Indonesia, tapi menampung sarjana berbagai bidang, tidak hanya sastra Indonesia. Ada sarjana sastra daerah, sastra asing, begitu juga sarjana bidang-bidang keilmuan lain yang memiliki minat kepada sastra, seperti bahasa dan budaya.

“Hiski Bali menaruh perhatian besar pada peningkatan literasi di berbagai lapisan masyarakat. Hal ini tentu saja sejalan dengan upaya pemerintah yang sedang gencar-gencarnya mendorong gerakan literasi, baik di sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Semua mesti bersinergi dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa,” terang Triadnyani.

Saat ini, Hiski Bali memiliki anggota aktif sekitar 37 orang. Untuk ke depan, pihaknya akan memperluas jaringan sehingga semakin banyak sarjana kesusastraan yang bergabung dengan Hiski Bali. (cr02)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *