HAN 2020 di Gianyar, Anak-anak Harus Gembira

Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun menyematkan pin HAN kepada perwakilan anak Gianyar.

GIANYAR | patrolipost.com – Hari Anak Nasional (HAN) diperingati secara virtual di Kabupaten Gianyar, bertempat di Command Center Kabupaten Gianyar, Minggu (9/8/2020). Dengan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, dan tagline #AnakIndonesiaGembiradiRumah, Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun mengajak anak-anak Gianyar untuk selalu gembira.

Peringatan HAN tahun 2020 berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya. HAN kali ini menghadapi tantangan karena adanya pandemi Covid 19 yang juga berdampak pada anak. Namun demikian anak-anak tetap berkegiatan dengan menerapkan aturan protokol kesehatan dengan ketat.

Bacaan Lainnya

Seperti dijelaskan oleh ketua panita HAN 2020 di Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Gede Mahadewa secara virtual. Peringatan HAN merupakan kegiatan yang menjembatani dan mewadahi kreativitas anak-anak di Kabupaten Gianyar dan mempersiapkan anak-anak yang kreatif. Peringatan HAN juga merupakan sarana untuk melaksanakan program tahunan Forum Anak Daerah (FAD) Gianyar. Pada puncak peringatan juga diisi dengan pelantikan pengurus FAD Kabupaten Gianyar  periode 2020-2022.

Pada kesempatan itu Duta Anak Gianyar  IB Willie Pramudita dan Gusti Ayu Made Mirah Rismayanti menyuarakan suara anak Gianyar 2020 hasil sidang FAD 2020  yang juga disaksikan oleh perwakilan anak-anak Gianyar se-Kabupaten Gianyar secara virtual. Mereka menyuarakan aspirasi anak Gianyar diantaranya memohon pada Pemkab Gianyar agar mempertegas sanksi pada pengedar rokok elektrik dan miras di kalangan anak, berharap agar  pemerintah lebih mengoptimalkan pendidikan kluster pada anak.

Mereka juga mengimbau pada masyarakat untuk berperan aktif sebagai agen pelapor pada upaya menekan angka pelecehan seksual pada anak, mengimbau juga pada masyarakat khususnya di kalangan orangtua agar lebih ketat mengawasi penggunaan medsos di kalangan anak. Dan seluruh anak di Kabupaten Gianyar  berjanji akan membantu Pemkab Gianyar mendukung dan merealisasikan Kabupaten Gianyar sebagai kabupaten layak anak.

Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun pada kesempatan itu berharap kepada seluruh anak-anak di Kabupaten Gianyar untuk tetap bergembira dan sehat dalam menghadapi suasana pandemi Covid-19. Kurang kesempatan bermain di luar bersama teman dan belajar secara tatap muka di sekolah harus disikapi dengan hati yang gembira.

“Jangan sampai suasana pandemi membuat kalian merasa terbebani, tetaplah berkreativitas dan belajar namun jangan pernah lupa tetap disiplin dengan semua aturan protokol kesehatan,” pesan Wabup Agung Mayun.

Wabup Agung Mayun tak lupa juga mengapresiasi FAD Kabupaten Gianyar atas semua pengabdiannya demi pemenuhan hak anak di Kabupaten Gianyar.

Sementara itu wakil ketua I TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny Diana Dewi Agung Mayun saat menyapa anak-anak Gianyar, berharap agar anak-anak tidak merasa stress maupun jenuh karena harus beraktivitas di rumah. Baik itu belajar, bermain maupun sekolah secara daring. Istri dari Wakil Bupati Gianyar Agung Mayun ini berharap agar mereka bisa mengalihkan rasa jenuh itu dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan di rumah bersama keluarga.

“Bersabar ya, semoga pandemi ini cepat berlalu dan kalian bisa beraktivitas dan bersekolah seperti dulu lagi,” kata Ny Diana Dewi.

Hadir pada peringatan HAN 2020 di Kabupaten Gianyar, Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, Kadis DP3AP2KB, Cok Gde Bagus Lesmana Trisnu, Kadis Pendidikan I Wayan Sadra, dan wakil ketua II TP.PKK Kanupaten Gianyar Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya. (kominfo/eni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.