Bupati Minta Pelaku Usaha Salurkan Produk Lokal Secara Maksimal

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat sosialisasi produk UMKM yang diselenggarakan di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Jumat (7/8/2020). (ron)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Komitmen Bupati Klungkung terhadap produk lokal sangat tinggi. Hal itu dapat dilihat dari gencarnya bupati melakukan marketing terhadap produk lokal saat sosialisasi mengenai produk Usaha Mikro Mecil Menengah (UMKM) di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Jumat (7/8/2020).

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta turut didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, Wayan Ardiasa dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Klungkung, Luh Ketut Ari Citrawati. Dalam sosialisasi tersebut, bupati menyampaikan pada masa pemerintahannya sangat mendukung produk lokal. Pemkab Klungkung sudah mengadakan Pasar Tani dan melibatkan ASN di lingkungan Kabupaten Klungkung untuk membeli dan memakai produk lokal seperti beras dan garam beryodium hasil produksi Petani di Kabupaten Klungkung.

Untuk itu Bupati Suwirta memerintahkan kepada pemilik toko/swalayan, supermarket maupun minimarket yang ada di Kabupaten Klungkung supaya dapat secara maksimal menyalurkan produk lokal, dan mempersiapkan gondola/tempat khusus bagi produk lokal yang akan dipasarkan lengkap dengan tulisan yang menggambarkan kepedulian pemilik toko/swalayan, minimarket maupun supermarket di Klungkung terhadap produk lokal dan produk lokal dapat dimasukkan kedalam list harga bersama barang atau produk yang diperjualbelikan.

Bupati Suwirta juga mengingatkan pemilik toko/swalayan, minimarket, supermarket maupun pasar berjejaring agar memperhatikan surat izin beroperasi, jangan sampai izin beroperasi tidak diperpanjang yang menyebabkan tempat usaha menjadi tutup.

Bupati Suwirta meminta pemilik pasar berjejaring agar ikut memasarkan produk lokal. Bupati Suwirta kedepannya akan melakukan evaluasi kepada Koperasi, toko/swalayan, Minimarket, supermarket maupun pasar berjejaring dalam keterlibatan memasarkan produk lokal UMKM.

Bupati Suwirta meminta kepada Pegawai Koperasi, BUMDES, toko/swalayan di Kabupaten Klungkung agar memakai pakaian endek, dengan bahan dari produk lokal minimal 2 kali dalam seminggu pada saat bekerja dan meminta kepada Pegawai Koperasi, BUMDES, Toko/Swalayan agar dapat mengedukasi pembeli mengenai keunggulan dari produk lokal yang dijual, sehingga dapat menarik minat pembeli untuk membeli produk lokal tersebut.

Bupati Suwirta mengharapkan UMKM Klungkung untuk berinovasi dan membuat produk yang bisa digunakan atau dikonsumsi sehari-hari. Dan bekerjasama dengan UMKM sejenis dalam rangka memajukan produk lokal.

Kepada pemilik UMKM bagi produk lokal yang dapat distandarisasi, terutama menyangkut masalah izin, agar segera diurus mengenai izin produk tersebut agar dapat segera dipasarkan. Apabila produk baik perorangan maupun kelompok yang dihasilkan menyangkut mengenai geografis, budaya, harap mengurus Indikasi Geografis (IG) agar produk lokal Klungkung tidak diklaim oleh UMKM lainnya, izin Standar Nasional Indonesia (SNI) dan untuk produk lokal makanan harus memiliki Izin edar dari BPPOM.

Bupati Suwirta menambahkan dirinya meminta ASN di lingkungan Pemkab Klungkung untuk membeli dan menggunakan produk lokal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung, I Gede Kusumajaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, I Wayan Durma, Kepala Baperlitbang Kabupaten Klungkung, I Wayan Wasta, pemilik maupun Pegawai Bumdes, Koperasi dan toko/swalayan minimarket dan supermarket serta pasar berjejaring di Kabupaten Klungkung.(855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.