Bupati Klungkung Terima Penghargaan, SPO Capai 51,57 Persen

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik terkait pencapaian SPO hingga 51, 57 persen. Nomor dua terbaik di Provinsi Bali. (ron)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klungkung berkat partisipasi masyarakat Klungkung pada Sensus Penduduk Online (SPO) yang mencapai 51,57 persen, atau sebanyak 92.790 jiwa. Ini merupakan pencapaian tertinggi ke dua di Provinsi Bali dibandingkan kabupaten/ kota lainnya.

Piagam diserahkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Klungkung, Ir A.A.A Raka Suarningsih,di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung disaksikan Kadiskominfo, Wayan Parna dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ketut Suadnyana, Rabu (5/8/2020).

Dalam laporannya Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Klungkung Ir. A.A.A Raka Suarningsih, mengatakan, SPO yang semula dijadwalkan berlangsung selama 46 hari, dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Namun karena pandemi Covid-19 dan arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing, maka jadwal pelaksanaan SPO diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat Klungkung karena partisipasi pada SPO telah mencapai 51,57 persen atau sebanyak 92.790 jiwa, dimana capaian ini merupakan tertinggi kedua di Bali. Kedepan, bagi masyarakat yang belum berpartisipasi, akan dilakukan kegiatan pendataan sensus penduduk pada bulan September 2020 melalui mekanisme pendataan ke lapangan. Ir A.A.A Raka Suarningsih memohon izin dukungan Pemkab Klungkung dalam pendataan sensus penduduk di lapangan dengan memanfaatkan para Yowana Gema Santi.

Menanggapi permohonan tersebut, Bupati Suwirta mempersilahkan BPS bekerja sama denga para Yowana Gema Santi dalam melakukan pendataan di lapangan. Dirinya mengaku Pemkab Klungkung berkomitmen, siap membantu dan mendukung program sensus penduduk agar berlangsung sukses.

Terkait capaian penghargaan ini, Bupati Nyoman Suwirta menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Klungkung dan BPS. Menurutnya angka 51,75 persen masih bisa digenjot lagi mengingat sebagian besar penduduk sudah memiliki smartphone dan wilayah Klungkung yang tidak begitu luas dibanding daerah lain.

“Dengan penghargaan ini mari kita lebih semangat bekerja, karena angka 51,57 persen masih bisa ditingkatkan lagi,” ujar Bupati Suwirta. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.