Suwarmawan: 116 Suket Tempat Ibadah Ditandatangani Aman Covid

Anggota Seksi Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng, Ketut Suwarmawan.(cha)

SINGARAJA | patrolipost.com – Sebanyak 116 surat keterangan (Suket) aman Covid-19 telah diterbitkan untuk tempat ibadah hingga 4 Agustus 2020. Padahal yang mengajukan permohonan terdapat 123 pengurus tempat ibadah. Di antara 116 suket untuk tempat ibadah itu diantaranya, 78 masjid, 18 gereja, 19 pura dan 1 wihara. Sisanya 7 suket masih sedang di proses.

Anggota Seksi Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng, Ketut Suwarmawan mengatakan, dari 116 suket yang sudah ditandatangani, ada sebanyak 14 suket ditinjau kembali terdiri dari 8 masjid, 3 gereja, 2 pura, dan 1 wihara.

Peninjauan itu setelah muncul kasus terkonfirmasi positif di tempat di mana lokasi tempat ibadah berada.

“Kita berdasarkan SE saja, Kalau ada kasus terkonfirmasi di daerah sekitar tempat ibadah, kami akan evaluasi suketnya,” terang Suwarmawan, Selasa (4/8/2020).

Menurut Suwarmawan yang juga Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Buleleng ini, tak hanya tempat ibadah, namun sejumlah pelaku usaha pariwisata juga telah memohon sertifikat usaha pariwisata aman Covid-19 untuk bisa beroperasi. Jumlahnya relatif banyak yakni sekitar 80 usaha pariwisata. Para pemohon itu diantaranya, 53 pemohon dari akomodasi pariwisata, 7 restoran, dan 20 daya tarik wisata (DTW).

“Ada sebanyak 58 usaha pariwisata, terdiri dari 44 akomodasi pariwisata dan restoran yang telah dikeluarkan sertifikatnya. Sisany DTW,” ungkap Suwarmawan.

Sementara terkait konfigurasi data Covid-19 di Buleleng, ada penambahan sebanyak 4 kasus positif Covid-19. Satu pasien dinyatakan telah sembuh berasal dari Kecamatan Buleleng. Pasien tersebut selama ini menjalani isolasi sejak 22 Juli 2020 lalu dan hasil swab tes ketiga dinyatakan negatif. Empat pasien positif dua dianyaranya berasal dari kecamatan Buleleng, dan dua lainnya masing-masing dari Kecamatan Sawan dan Kecamatan Banjar.

“Penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif itu karena hasil swabnya dinyatakan positif,” tandas Suwarmawan.

Sejauh ini perkembangan penanganan Covid-19 di Buleleng, angka secara kumulatif pasien positif berjumlah 152 orang. Didiagnosa sembuh sebanyak 125 orang, meninggal 1 orang, dan sedang menjalani perawatan di Buleleng sebanyak 26 orang. Jumlah kasus suspek terdapat 258 orang, suspek konfirmasi sebanyak 50 orang, discarded terdapat 183 orang, suspek masih dipantau 24 orang dan 1 orang terkatagori probable.(625)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.