Fase Kedua Dibuka 15 Agustus, Masuk Kawasan TN Komodo Tanpa Booking Online

Wisatawan mancanegara sedang mengamati hewan Komodo di Pulau Komodo. (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Setelah hampir empat bulan ditutup, pemerintah Pusat maupun daerah akan membuka kembali Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT bagi aktivitas kunjungan wisatawan.

Pembukaan masuk Kawasan TNK ini merupakan pembukaan fase kedua yang akan dimulai pada tanggal 15 Agustus 2020. Namun pembukaan ini hanya berlaku bagi wisatawan dalam negeri.

Bacaan Lainnya

“Pembukaan tanggal 15 Agustus 2020 berlaku bagi wisatawan lokal dan nusantara. Untuk wisatawan mancanegara masih menunggu fase-fase selanjutnya,” ujar Agustinus Rinus SPd, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Senin (3/8/2020).

Pembukaan ini nantinya menurut Agus Rinus tetap akan memperhatikan aturan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah. Selain itu setiap pengunjung wajib menyertai diri dengan dokumen- dokumen Kesehatan yang dianjurkan.

“Wisatawan maupun penyedia jasa wisata wajib patuh. Surat – surat kesehatan bagi pengunjung harus dilengkapi, begitu juga dengan surat kelengkapan yang harus dimiliki oleh jasa perkapalan. Selain itu setiap kapal wisata yang datang dari luar wilayah, seperti Bali akan diperiksa ketat sehingga daerah yang menjadi pusat destinasi dunia ini terbebas dari ancaman virus Corona,” lanjutnya.

Agustinus Rinus juga menambahkan, pemerintah telah menyiapkan sistem masuk satu pintu sehingga memudahkan petugas Tim Gugus Covid-19 dalam melakukan pemeriksaan sebelum kapal wisata masuk ke kawasan TNK.

Terkait urusan tiket masuk Kawasan TNK, Agus Rinus menyampaikan akan tetap menggunakan sistem yang sama sebelumnya. Namun semua pengunjung maupun penyedia jasa wisata wajib patuh pada aturan kesehatan, seperti menjaga jarak, mengenakan masker dan mencuci tangan.

“Seperti rencana booking online untuk sementara ditiadakan sambil melakukan pembenahan terhadap sistemnya. Tiket masuk nanti satu pintu dan akan disertai pengawalan tim protap kesehatan Covid-19. Begitupun petugas disiagakan di titik lokasi wisata yang akan dikunjungi,” jelas Agus Rinus.

Sebelumnya para pelaku pariwisata yang ada di Labuan Bajo mengeluhkan adanya penerapan sistem booking online untuk bisa berkunjung ke Kawasan Tman Nasional Komodo. Selain situasi yang belum siap, sejak mulai diberlakukan pada pembukaan fase pertama 6 Juli 2020 yang lalu, sistem booking online diklaim belum mendesak serta dikhawatirkan akan menyulitkan dan mengancam mata pencaharian para pelaku wisata lokal untuk mengakses spot-spot wisata di dalam TNK. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.