Ariawati: Pandemi Covid, Ortu Jangan Takut Bawa Anak ke Rumah Sakit

Ketua Kelompok Staff Medis Ilmu Kesehatan Anak RSUP Sanglah, Dr dr Ketut Ariawati Sp A(K).

DENPASAR | patrolipost.com – Anak sakit di masa pandemi membuat orang tua dilema memeriksakan buah hatinya ke rumah sakit. Pasalnya, rumah sakit menjadi tempat rawan menularnya virus, terutama bagi rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Terkait hal tersebut, dokter spesialis anak sekaligus Ketua Kelompok Staff Medis Ilmu Kesehatan Anak RSUP Sanglah, Dr dr Ketut Ariawati, Sp A(K) meminta, orang tua jangan takut membawa anak ke rumah sakit.

Terutama ke RSUP Sanglah yang merupakan salah satu rumah sakit tersier dan juga rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

Dr dr Ketut Ariawati Sp A(K) menjelaskan, RSUP Sanglah telah membedakan pelayanan antara pasien Covid-19 dan non Covid-19 serta diklaim aman bagi anak. Selanjutnya, orang tua (ortu) diharapkan segera memeriksakan anak saat mengalami sakit secara mendadak dan memerlukan perawatan atau pelayanan ke RSUP Sanglah.

“Kami berharap segera membawa anak anda ke RSUP Sanglah. Karena kami di sini sudah membedakan pelayanan Covid-19 maupun non Covid-19 dan ini aman untuk anak,” kata dr Ketut Ariawati.

Ariawati menyebutkan, hal tersebut sebagai upaya memenuhi hak – hak anak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan agar tidak terabaikan atau tidak terampas. Sementara itu, RSUP Sanglah telah menerapkan protokol kesehatan sesuai adaptasi kebiasaan baru yakni mewajibkan pengunjung, pasien, maupun tenaga kesehatan menggunakan masker. Penyemprotan disinfektan ruangan dan sterilisasi fasilitas rumah sakit. RSUP Sanglah juga telah melakukan pemasangan barrier di meja petugas poliklinik, agar petugas aman dan pengunjung sehat.

Selain itu, kesiapan RSUP Sanglah telah mengambil langkah – langkah antisipasi di antaranya menyiapkan SDM, APD, Penguatan SOP, dan penyempurnaan alur pelayanan, serta telah menyiapkan penetapan zona merah, oranye, kuning, hijau, monitoring kedisiplinan pemakaian APD dan pemeriksaan swab petugas kesehatan secara berkala. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.