CSR Pertamina dan Patra Jasa Berikan Pelatihan Pembuatan Dupa Alami Berbudaya Bali

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT Pertamina dan PT Patra Jasa kepada peserta di Banjar Danginsema, Desa Tumbakbayuh, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Rabu (29/7/2020). (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – PT Pertamina (Persero) dan PT Patra Jasa bersinergi dalam penyerahan bantuan corporate social responsibility (CSR), edukasi dan pelatihan pembuatan dupa alami berbudaya Bal “Patra Werdhi Rahayu” kepada 15 peserta di Banjar Danginsema, Desa Tumbakbayuh, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Rabu (29/7/2020).

Pelatihan diberikan selama 7 kali meliputi, pengenalan dupa sehat alami suci berbudaya Bali yang disampaikan melalui penayangan video dan talkshow, dilanjutkan pemaparan pengenalan bahan dan teori pembuatan dupa sehat alami suci berbudaya Bali oleh IB Gede Dalem Baskara. Sedangkan “ngawit” pembuatan dupa akan dilakukan pada Senin (3/8/2020).

“Bagi umat Hindu, dupa adalah benda suci, bahan-bahan yang dipergunakan seharusnya sesuai dengan filosofinya dan terbebas dari campur tangan kimia sintetis, agar asap yang dihasilkannya tidak berbahaya bagi kesehatan pernapasan. Oleh karena itu, PT Patra Jasa mendukung pelestarian budaya Bali dengan berkontribusi kepada masyarakat di lingkungan Br Danginsema, melalui edukasi, sosialisasi, dan pelatihan membuat dupa sehat alami berbasis budaya Bali kepada penduduk, sekaligus menjadikan keterampilan yang bisa mendatangkan penghasilan,” ujar GM The Patra Bali Resort & Villas, Suwardi.

Sinergi antara PT Patra Jasa dan PT Pertamina (Persero) lewat CSR ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Melalui edukasi dan pelatihan pembuatan dupa alami suci berbudaya Bali ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yang selaras dengan kualitas hidup yang sehat.

Perbekel Tumbakbayuh I Nyoman Sarjana mengapresiasi kegiatan CSR tersebut dan menilainya sebagai hal yang luar biasa. Mewakili seluruh masyarakat, khususnya Br Danginsema, ia mengucapkan terima kasih dan berharap melalui kegiatan ini dapat mewujudkan masyarakat Desa Tumbakbayuh yang maju, mandiri, inovatif, dan kreatif untuk membangun ekonomi keluarga yang sejahtera.

Bendesa Adat Tumbakbayuh IB Gede Widnyana juga memberikan apresiasi positif terkait kegitan CSR tersebut. “Semoga masyarakat Banjar Danginsema mendapat pengetahuan baru dalam hal pembuatan dupa alami dan selalu memperhatikan kesehatan, kebersihan juga kesimbangan alam dan lingkungan sekitar,” harapnya.

Sebelum penyerahan mesin pembuat dupa dan peresmian Br Danginsema sebagai Banjar Binaan kedua penerima bantuan CSR inovasi pembuatan dupa sehat alami, dilakukan penandatanganan naskah kerja sama (MoU) antara pihak PT Patra Jasa dengan pihak Br Danginsema (diwakili Putu Sudiana) dan seniman pembuat dupa IB Gede Dalam Baskara. (246)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *