Dies Natalis Dwijendra University ke-38, Ciptakan Generasi Adaptif, Kreatif, Inovatif

Perayaan Dies Natalis Dwijendra University ke-38 di Aula Sadhu Gocara Yayasan Dwijendra. (ist)

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Dwijendra University kembali rayakan Dies Natalis ke-38 yang digelar terbatas di Aula Sadhu Gocara Yayasan Dwijendra, Selasa (28/7/2020). Dies Natalis kali ini mengusung tema Ciptakan Generasi Adaptif, Kreatif, Inovatif.

 

Perayaan Dies Natalis di hadiri tokoh puri Penatih sekaligus Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Ketua Yayasan Ketut Wirawan, Rektor Universitas Dwijendra Dr Ir Gede Sedana, M Sc, M MA, pembina Yayasan Dwijendra, Wakil Rektor, Dekan dan Dosen seluruh Fakultas beserta staf dan perwakilan mahasiswa Dwijendra University. Dies Natalis berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan upaya physical distancing dengan mengatur jarak tempat duduk.

Tokoh puri Penatih sekaligus Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengapresiasi perayaan Dies Natalis Dwijendra University ke-38 yang mengambil misi menciptakan generasi adaptif, kreatif dan inovatif, sehingga dapat mencetak SDM yang memiliki daya saing kreatif dan inovatif.

“Saya juga sudah melihat beberapa program Dwijendra University juga banyak kegiatan sosialnya, ada pembagian masker, pembagian sembako, handsanitizer dilaksanakan di beberapa wilayah di Kota Denpasar dan terima kasih atas dukungannya di tengah pandemi covid-19. Saya juga mengucapkan selamat Dies Natalis Dwijendra University ke-38,” kata IGN Jaya Negara saat dijumpai seusai perayaan Dies Natalis ke-38 di Dwijendra University, Selasa (28/7/2020).

Selanjutnya, Rektor Dwijendra Univerasity Dr Ir Gede Sedana, M Sc, MMA, menerangkan, rangkaian perayaan Dies Natalis di tengah pandemi covid-19, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana sebelumnya pergelaran Dies Natalis Dwijendra University ini dimeriahkan dengan sajian seni dan pertunjukan budaya.

“Berbeda semua pegelaran kita tidak ada, kemudian kegiatan-kegiatan dalam rangka menyambut di kampus pun juga terbatas. Kami lebih mencari kegiatan yang ada kaitannya dengan pandemik untuk memutus rantai penyebaran covid-19,” terang  Gede Sedana.

Gede Sedana juga memaparkan dalam memperingati Dies Natalis ke-38 terdapat beberapa rangkaian kegiatan sosial melalui acara Dwijendra Family Gathering di antaranya kegiatan pembagian masker, pembagian bibit, serta MoU dengan Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Dwijendra University berharap kegiatan tersebut dapat membantu dan membangun kerjasama antara lembaga dengan Desa secara berkesinambungan.

“Pada perayaan hari ini, kami juga memberikan bantuan beras sebanyak 100 kantong. Kami utamakan kepada mahasiswa yang berasal dari NTT dan NTB. Beberapa waktu yang lalu kami juga sudah memberikan kepada warga yang ada di Denpasar dan sekitarnya,” paparnya.

Kemudian, Dies Natalis ke-38 ini bertujuan menciptakan generasi bangsa yang adaptif, kreatif dan inovatif yang didasari pada situasi yang terjadi sebagai pendorong.

“Sebelumnya kita sudah menerapkan pola-pola ini, artinya adaptif ini adalah seluruh insan dunia pendidikan agar mampu mengkondisikan kegiatan pembelajaran, sehingga perlu menyesuaian diri terhadap situasi ini. Jika pembelajaran daring belum sepenuhnya memberikan hasil yang maksimal, maka diadaptasi lagi dan perlu dikombinasikan melalui media pembelajaran. Para dosen dituntut dengan membuat media-media pembelajaran yang memberikan rasa tidak bosan,” ungkapnya.

Gede Sedana juga menjelaskan penerapan pembelajaran saat ini sebagai antisipasi program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yakni merdeka belajar. Hal itu memungkinkan mahasiswa memiliki peluang mengambil mata kuliah yang berada di luar kampus di antaranya sesama perguruan tinggi, program studi atau dengan industri yang ada, misalnya Fakultas Teknik Arsitek, mahasiswa para calon arsitek ini bisa magang di beberapa konsultan atau di kontraktor untuk belajar.

“Harapannya adalah mahasiswa yang sedang belajar ini memiliki keterampilan dan memiliki skill jika menjadi sarjana nanti sudah bisa mereka terapkan,” jelasnya.

Adanya perayaan Dies Natalis ke-38 ini diharapkan untuk kedepannya, seluruh dosen dan pegawai yang ada di lingkup Dwijendra University kembali melihat dan mengevaluasi diri, terkait dengan yang sudah dilakukan, sudah dicapai, maupun yang perlu diperbaiki dan merencanakan kedepan dengan berbagai opening sampai Akhir Tahun 2020 ini. (Yani)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.