Adaptasi Kebiasan Baru Covid-19, ”Pupuk Jiwa Kepemimpinan Anak”

Keynote speaker I A Selly Dharmawijaya Mantra, Bunda PAUD Kota Denpasar.

DENPASAR | patrolipost.com – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Denpasar menggelar Webinar dan Workshop Online serangkaian Hari Anak Nasional. Webinar dengan topik Peran dan Kiat Guru PAUD di Masa Tatanan Kebiasaan Baru yang diselengarakan selama dua hari, Kamis, 23 Juli sampai Jumat, 24 Juli 2020.

Menjalani adaptasi kebiasan baru menghadapi pandemi Covid-19, para bunda PAUD memiliki peran strategis dalam mendidik anak usia dini. Webinar dan Workshop Online ini menghadirkan keynote speaker I A Selly Dharmawijaya Mantra, yang juga Bunda PAUD Kota Denpasar.

“Kegiatan ini sebagai ajang sharing menghadapi kebiasaan baru. Tentu tantangan bagi orangtua dewasa ini bagaimana mempersiapkan anak beradaptasi dalam menghadapi tatanan kebiasaan baru di saat pandemi. Banyak kendala yang muncul maka dari itu dibutuhkan komunikasi yang baik antar sekolah, orangtua dan tenaga pendidik untuk mengatasi kendala tersebut,” ujar Selly Dharmawijaya Mantra.

Selama anak menghadapi kebiasaan baru ini bagi anak SD, SMP dan SMA tentu tidak masalah karena sudah mandiri, tapi bagi anak tingkat PAUD atau usia dini harus dilakukan pendekatan berbeda. Sehingga dibutuhkan dukungan internal keluarga, agar anak tetap menjalani proses belajar mengajar yang baik di masa pandemi.

Sedangkan, bagi pendidik PAUD untuk lebih aktif menggali dan mencari berbagai referensi sistem pembelajaran dan juga peran orangtua bisa membagikan tips serta peran utama dalam memberikan pengertian menghindari stress anak selama beraktivitas di rumah.

“Bisa dikomunikasikan di group online untuk mencari jalan terbaik dan bisa memberi pengertian anak dalam menghadapi masa pandemi yang terpenting menyiapkan anak usia dini dalam memupuk jiwa kepemimpinan anak,” tegasnya.

Lebih lanjut, I A Selly Dharmawijaya Mantra menerangkan, berbagai program telah digalakkan Pemkot Denpasar dalam mengatasi kendala orangtua dalam mendidik anak dan berperan dalam keluarga.

“Apresiasi kepada bunda PAUD di masa pandemi ini mengambil tugas sebagai seorang guru. Diharapkan juga para bunda PAUD mengurangi membaca berita yang menyesatkan atau hoax, tingkatkan imun, serta berolahraga dan seimbangkan aktivitas. Peran bunda PAUD sangat berperan mengatur aktivitas keluarga dalam menghadapi adaptasi baru dengan tetap menerapkam protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara Ketua IGTKI -PGRI Kota Denpasar, Made Aryaningsih menjelaskan, bahwa kegiatan ini memiliki tujuan sebagai peningkatan mutu pendidik PAUD di kota Denpasar, yang berkaitan dalam menjalani kebiasan baru menghadapi pandemi Covid-19 di mana anak kini belajar dari rumah.

“Disinilah peran guru dan ibu karena saat pandemi ini diharapkan orangtua murid berperan aktif dalam melatih anak agar perkembangan anak tetap berjalan meningkat sekalipun ditengah pandemi Covid-19. Webinar ini diikuti 500 peserta pendidik PAUD se-Kota Denpasar,” tandasnya. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.