Tingkatkan Imunitas Tubuh, Pangdam Ajak Prajurit dan PNS Olahraga Bersama

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara saat memimpin Apel Olahraga Bersama di Lapangan Mako Lanal Denpasar, Jumat (24/7/2020). (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara memimpin Apel Olahraga Bersama yang diikuti dari matra darat, laut, dan udara. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Mako Lanal Denpasar, Jumat (24/7/2020), juga mempertandingkan eksibisi tarik tambang dan berbagai kegiatan olahraga lainnya.

Kegiatan olahraga bersama ini kata Jenderal Kurnia Dewantara, untuk membina kesehatan tubuh agar memiliki daya tahan tubuh/imunitas yang prima. Terjalin tali silaturahmi, sinergitas, dan meningkatkan rasa kebersamaan di antara warga TNI dari matra darat, laut, dan udara demi kelancaran tugas bersama di wilayah Provinsi Bali.

“Imunitas tubuh yang prima diperoleh apabila kita memiliki pola hidup yang sehat yaitu, mulai dari pola makan, pola istirahat, dan aktivitas olahraga yang teratur. Oleh karena itu, kami para unsur pimpinan mengingatkan semuanya untuk meningkatkan imunitas tubuh, diantaranya dengan berolahraga,” kata Pangdam, didampingi Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, SE, dan Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Radar Soeharsono.

Di hadapan sekitar 200 prajurit TNI (AD, AL, dan AU) serta PNS TNI, Pangdam mengajak kepada seluruhnya untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena tugas TNI adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia, khususnya yang berada di wilayah Bali.

“Oleh karena itu, mari kita olahraga dan bergembira bersama, sehingga terjadi kekompakan diantara kita,” ajak Pangdam.

Untuk menunjukkan kekompakan dan mewujudkan TNI yang solid, Pangdam sempat memanggil 3 perwakilan satuan tersebut sebelum melakukan olahraga bersama. Setelah menjawab dengan benar sejumlah pertanyaan yang diajukan, Pangdam memberikan apresiasi dan cinderamata kepada ketiga perwakilan itu.

Selanjunya melakukan sesi foto bersama dan mengikuti senam aerobik yang dipandu oleh beberapa instruktur gabungan dari prajurit wanita TNI selama sekitar 45 menit. Sambil rehat sejenak, didampingi Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya, Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Arudji Anwar, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, SH, dan sejumlah perwira, Pangdam meninjau proses ketahanan pangan yang tengah dikembangkan dan dibudidayakan di Mako Lanal Denpasar.

Dipandu Danlanal Denpasar, Pangdam berkenan melihat dari dekat bahkan turut menaburkan sejumlah pakan ikan saat meninjau kolam budidaya ikan lele yang ditabur di 4 kolam tersebut sebanyak ribuan ekor ikan lele, yang direncanakan dalam sebulan kedepan siap panen.

Dilanjutkan, pengecekan budidaya tanaman sayuran yang ditanam di tempat hidroponik di 5 lokasi. Di lahan buatan tersebut ditanami sayur sawi, lada air, kangkung, bayam merah, dan budidaya jamur tiram.

Menambah keseruan acara, didampingi sejumlah unsur pimpinan dari tiga matra TNI, Jenderal TNI AD bintang dua itu “menantang” tim yang dikomandoi Asintel Kasdam IX/Udayana Kol Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, SIP, untuk beradu tarik tambang. Setelah saling berjibaku dengan sekuat tenaga, akhirnya tim Pangdam mampu memenangkan adu tarik tambang itu dalam suasana keceriaan penuh persahabatan dan canda tawa.

Kemudian Pangdam dan para tamu undangan menikmati aneka kudapan sehat dan bergizi yang disajikan oleh pihak “tuan rumah” (Lanal Denpasar). Seluruh rangkaian kegiatan yang dikemas dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan itu diakhiri Pangdam setelah menyerahkan hadiah kepada para pemenang pertandingan eksibisi tarik tambang. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.