Kurangi Penggunaan Botol Plastik, TP PKK: Edukasi Anak Sejak Dini untuk Sehat dan Peduli Lingkungan

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra menyerahkan bantuan tumbler atau botol air minum kepada murid SD di Desa Medahan, yang dipusatkan di SDN 5 Medahan, Jumat (24/7/2020). (Kominfo/eni)

GIANYAR | patrolipost.com – Mengurangi penggunaan plastik terutama dalam bentuk kemasan air minum, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar. Ny Surya Adnyani Mahayastra didamping Plt Kadis Lingkungan Hidup Wayan Kujus Pawitra, Camat Blahbatuh IB Darma Yuda dan perbekel Desa Medahan Wayan Buana, menyerahkan bantuan tumbler atau botol air minum pada anak-anak SD di Desa Medahan, yang dipusatkan di SDN 5 Medahan, Jumat (24/7/2020).

Selain bantuan tumbler pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan bibit tanaman hatinya PKK, tanaman upakara dan pupuk organik. Bantuan ini merupakan inovasi dari pihak Desa Medahan bekerjasama dengan DLH Kabupaten Gianyar dan TP PKK Kabupaten Gianyar.

Menurut Ny Surya Adnyani Mahayastra pemberian bantuan tumbler untuk anak-anak SD, disamping mengajarkan anak-anak untuk membawa minuman sendiri dari rumah, juga untuk mengedukasi mereka sejak dini untuk peduli pada kebersihan lingungan dengan mengurangi penggunaan botol plastik.

“Pemberian tumbler untuk anak-anak sekolah sangat efektif, selain sehat karena minumannya dibawa dari rumah. Juga kita bisa mengedukasi anak-anak sejak dini untuk peduli pada lingkungan dengan cara mengurangi membeli minuman dalam kemasan plastik,” tegas Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Ny Surya Adnyani Mahyastra juga berharap agar orang tua khususnya ibu-ibu membiasakan anak-anak untuk membawa bekal ke sekolah, selain lebih sehat juga bisa mengurangi mereka jajan sembarangan di sekolah. Menciptakan kebersamaan, sarapan penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar.

Pada kesempatan itu, Ny Surya Adnyani Mahayastra juga mengimbau pada pihak sekolah untuk menyediakan juga air putih dalam galon mengantisipasi air minum mereka habis. Ini penting juga untuk berjaga-jaga, jika air yang dibawa dari rumah habis mereka tidak membeli minuman sembarangan.

Selain di Desa Medahan, tumbler juga akan diberikan untuk anak-anak sekolah dasar di seluruh Kabupaten Gianyar. Bahkan rencananya Ny Surya Adnyani Mahayastra tahun 2021 nanti pihaknya juga akan memberikan bantuan tumbler untuk anak-anak TK di Kabupaten Gianyar. Dipilih pada bulan Juli mengawali pemberian tumbler untuk anak-anak sekolah, karena pada 23 Juli ini merupakan Hari Anak Nasional.

Terkait dengan pemberian bantuan bibit tanaman hatinya PKK menurut Ny Surya Adnyani Mahayastra, ini bersinergi dengan dinas/instansi terkait dalam hal ini DLH Kabupaten Gianyar maupun Desa Medahan, bagaimana menciptakan halaman rumah tangga menjadi hijau. Ditanami tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari seperti tomat, cabai, sayur dan lain-lain. Juga diimbau di sekolah-sekolah menanam tanaman yang bermanfaat bagi kita.

Sementara itu Perbekel Desa Medahan Wayan Buana menambahkan, pemberian tumbler untuk anak -anak sekolah merupakan inisiatif desa untuk membantu mengurangi sampah plastik sekaligus mengedukasi mereka tentang kelestarian lingkungan sejak dini. Terkait dengan implementasi pelaksanaan Pergub No.47 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah, pemilahan sampah dari sumber, yang menjadi sasarannya adalah ibu-ibu rumah tangga. Ini tepat sekali karena rumah tangga yang menghasilkan sampah adalah ibu-ibu. Dalam artian sampah dapur , sampah dipilah organik dan anorganik dipilah dari sumber.

“Saat ini kita juga akan melatih ibu-ibu untuk membuat kompos di rumah sendiri. Kedepan nanti di desa medahan akan disiapkan bank sampah ada 4 titik di setiap banjar,” tandas Wayan Buana. (Kominfo/eni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.