Siang Bolong, Pura Dalem Setra Batununggul Terbakar

  • Whatsapp
Pura Dalem Setra Batununggul ludes dilalap si jago merah, Rabu (22/7/2020).

SEMARAPURA | patrolipost.com – Kembali terjadi peristiwa kebakaran pura di Klungkung. Kali ini, Pura Dalem Setra Desa Batununggul, Nusa Penida, hangus dilalap si jago merah. Kebakaran itu terjadi, Rabu (22/7/2020) sekitar pukul 11.20 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp 2miliar.

Api yang membumbung tinggi membuat warga sekitar panik dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Saksi mata yang mengetahui kebakaran itu antara lain I Dw Ketut Sudana (65) warga Br Sampalan, Desa Batununggul, Nusa Penida dan I Dw Udiana (43), pegawai kontrak yang tinggal di Br Batununggu, Nusa Penida, Klungkung. Ia bersama warga, langsung berupaya memadamkan api. Selang beberapa saat kemudian, petugas pemadam kebakaran, polisi dan TNI tiba di tempat kejadian perkara (TKP) dan berupaya menjinakkan api.

Kapolsek Nusa Penida, AKP Gede Sukadana saat dikonfirmasi di tempat kejadian perkara (TKP) mengatakan, terbakarnya Pura Dalem Setra Batununggul ini bermula, Rabu (22/7/ 2020) sekitar pukul 11.20 Wita . Di mana saksi I Dw Ketut Sudana dan saksi I Dw Udiana melihat kepulan asap di sebelah timur Pura Dalem Setra Batununggul.

Setelah di cek oleh keduanya, terlihat api semakin membesar dan membakar rumput di ladang milik Dewa Keta yang berbatasan langsung dengan Pura Dalem Setra Batununggul. Api yang besar dan angin kencang membuat api semakin besar. Keduanya lalu menyuruh warga untuk membunyikan kentongan dan menelepon petugas Damkar untuk minta pertolongan.

Angin yang bertiup sangat kencang mengakibatkan banyak percikan api yang berterbangan dan membakar salah satu atap pelinggih dan Bale Sor yang terbuat dari bahan ijuk (duk).

Petugas pemadam kebakaran dibantu warga terus berusaha memadamkan api, namun karena angin semakin kencang api akhirnya merembet ke semua pelinggih yang ada di Pura Dalem Setra.

“Akibat kebakaran, Pura Dalem Setra Batununggul mengalami kerugian mencapai kurang Rp2 miliar lebih. Adapun yang terbakar terdiri dari pelinggih 7, Bale sor 1, Bale Piasan 1. Penyebab kebakaran masih kita lidik,” terang AKP Gde Sukadana.

Kasubag Humas Polres Klungkung, AKP Putu Gede Ardana juga membenarkan peristiwa kebakaran yang terjadi di Pura Dalem Setra Desa Batununggul. Namun penyebab pasti kebakaran tersebut pihaknya masih melakukan pendalaman. (855)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *