Duta GenRe Jadi Agen Perubahan bagi Generasi Muda

  • Whatsapp
Ajang Duta GenRe merupakan pemilihan remaja sebagai figur teladan serta motivator masa depan.

DENPASAR | patrolipost.com – Perwakilan BKKBN Provinsi Bali bersama Forum GenRe melakukan pemilihan duta GenRe tingkat Provinsi Bali tahun 2020 di kantor perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Selasa (21/7/2020). Ajang Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja sebagai figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan edukasi dan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, menciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas dan tidak melakukan pernikahan dini.

“Pemilihan duta GenRe Provinsi Bali ini merupakan ajang kreatifitas kawula muda dalam program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana. Karena bagaimanapun juga, generasi muda yang akan menjadi generasi yang akan menggantikan kita semua (generasi tua, red). Sehingga harapan kami, generasi muda bisa lebih siap merencanakan dan menyiapkan keluarga dengan baik,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Agus P Proklamasi.

Dikatakan Agus P Proklamasi, ada tiga hal yang harus diperangi oleh generasi muda. Pertama, tidak melakukan pernikahan pada usia dini. Pernikahan yang disarankan adalah berumur minimal berusia 21 tahun bagi perempuan dan minimal berusia 25 tahun bagi laki-laki. Kedua, menghindari seks pranikah di kalangan remaja. Ketiga, memerangi penyalahgunaan narkoba dan pencegahan HIV/AIDS.

“Dengan mengetahui berbagai persoalan ini, remaja jadi semakin sadar dengan program generasi berencana ini. Kami berharap, duta GenRe menjadi agen perubahan bisa menjadi contoh dan panutan bagi remaja yang lainnya dalam memerangi tiga hal. Lebih penting lagi mereka bisa jadi motivator dalam mensosialisasi program GenRe di kalangan remaja,” katanya.

Penyandang gelar Duta Genre putri, Ni Made Ananda Lestari dari Klungkung menyampaikan rasa syukurnya bisa meraih pencapaian yang sangat luar biasa. Dirinya berharap para remaja di Bali mampu merencanakan masa depannya untuk mencapai cita-citanya.

“Tanggung jawab saya nantinya semakin besar. Tidak hanya di lingkup kabupaten, tetapi lebih luas di Provinsi Bali. Saya mohon dukungan dari teman-teman semua dan seluruh remaja di Bali,” ungkapnya.

Sementara Duta GenRe putra, Komang Gede Erlangga Ari Candra dari Tabanan baginya pencapaian ini merupakan awal perjuangannya sebagai generasi berencana.

“Ini bukan akhir, tapi awal perjuangan saya sebagai generasi berencana. Bagi remaja semangatlah untuk berjuang karena perjalanan kalian masih panjang. Capailah cita-cita yang kalian inginkan” katanya.

Proses seleksi pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Bali dimulai sejak awal bulan Juni 2020 tercatat sebanyak 48 peserta. Pesertanya berasal dari perwakilan Kabupaten/Kota. Para peserta telah melewati berbagai macam tantangan, seperti 14 days challenge yang menyeleksi para peserta menuju 10 besar. Setelah itu dilaksanakan tes tulis virtual via google form, tantangan membuat vlog dan dilanjutkan dengan tes tulis, sesi photoshoot sehingga didapatlah 5 besar Duta GenRe. (007)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *