Dukung Kedaulatan Pangan, Bupati Genjot Inovasi BIMA JUARA

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kadiskop UKM, Wayan Ardiasa saat melakukan kunjungan ke KUD Panca Satya Desa Dawan.

SEMARAPURA | patrolipost.com – Setelah melakukan kunjungan ke KUD Panca Satya, Desa Dawan, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana melakukan kunjungan ke beberapa KUD yang ada di Kabupaten Klungkung, Selasa (14/7/2020).

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan Program Inovasi Pemkab Klungkung BIMA JUARA yang dilaksanakan oleh KUD yang ditunjuk oleh Pemerintah. Program inovasi tersebut, KUD ditugaskan membeli gabah petani dengan harga lebih tinggi, dan menjual beras lebih murah daripada harga pasar. Adapun KUD yang dikunjungi antara lain KUD Panca Satya Desa Dawan, KUD Jaya Werdhi Desa Takmung dan KUD Artha Wiguna Desa Gelgel.

Dalam Kunjungannya tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan dirinya terus melakukan evaluasi selama 2 tahun program inovasi berjalan.

”Program ini sejalan dengan program pemerintah pusat, Bagaimana upaya pemerintah daerah menjaga kedaulatan pangan di daerahnya,” ujar Bupati Suwirta.

Dihari yang sama, Bupati Suwirta memberikan motivasi kepada pengurus KUD Sedana Rata Desa Bakas dan KUD Sri Sedana Desa AAN agar dapat berperan aktif dalam menyerap gabah petani sebagai bentuk membantu menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung.

“Pemkab Klungkung akan terus memberdayakan KUD yang ada di Kabupaten Klungkung dalam hal menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Klungkung. Kedepan KUD akan dibantu Dryer dan RMU untuk membantu memberdayakan petani,” ujar Bupati Suwirta.

Pemberian bantuan Rice Milling Unit (RMU) dan Dryer ini kepada KUD bertujuan agar gabah petani tetap dapat diserap dan mencegah kerusakan pada gabah petani akibat musim hujan.

“Semoga dengan bantuan yang diberikan dapat menciptakan kesejahteraan bagi para petani di Kabupaten Klungkung,” tambahnya. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.