Kanit Reskrim Tewas Ditikam saat Mengendarai Motor, Pelaku Ditangkap dan Ditembak

Lokasi tewasnya Kanit Reskrim, Ipda Uji Siswanto dipasang garis polisi. (ilustrasi)

SUMBAWA | patrolipost.com – Berakhir sudah pelarian pembunuh Kepala Unit (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Utan, Sumbawa, Ipda Uji Siswanto. Tersangka Syamsul Hidayat, warga Desa Tengah, Kecamatan Utan diamankan petugas saat hendak kabur ke Pulau Lombok, Minggu (12/7/2020).

“Tersangka ditangkap hendak menyeberang tadi subuh ke Pulau Lombok lewat Labuhan Alas,” ujar Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra dalam jumpa pers yang digelar Minggu pagi. Karena hendak melawan saat akan ditangkap, korban akhirnya ditembak kakinya oleh petugas.

Pembunuhan yang dilakukan tersangka terjadi di Simpang 4 Desa Tengah, tepatnya di belakang Kantor Desa Tengah, Jumat (10/7/2020).

Peristiwa itu terjadi saat korban hendak pulang dengan mengendarai sepeda motor. Di tengah perjalanan mendadak diserang oleh pelaku secara membabi buta dengan senjata tajam.

“Korban diserang dalam posisi mengendarai sepeda motor. Pelaku menggunakan sajam, mengenai beberapa bagian di tubuh korban,” ungkap Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, Sabtu (11/7/2020).

Orangtua terduga pelaku bernama Abdul Hamit, yang mengetahui peristiwa itu sempat melerai dan berhasil mengamankan senjata tajam yang digunakan pelaku.

Setelah kejadian itu pelaku langsung kabur. Sedangkan korban yang terluka parah akibat luka tusuk sempat dilarikan ke RSUD Sumbawa untuk penanganan lebih lanjut. Namun naas, nyawa korban tak berhasil tertolong.

Artanto mengatakan, kasus tersebut diduga kuat berkaitan dengan kasus yang ditangani perwira polisi itu sebelumnya. Sebab, sebelum kejadian, korban diketahui telah menyelesaikan kasus yang melibatkan pelaku dengan seorang warga bernama Agus.

Setelah kejadian itu, polisi langsung membentuk tim khusus untuk memburu pelaku. Tak butuh waktu lama, polisi berhasil mengamankan pelaku saat hendak kabur ke Pulau Lombok.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, pelaku diketahui selama ini sering terlibat kasus kriminal. Di antaranya perampokan gaji guru pada 2007, pencurian toko emas pada 2015, hingga penganiayaan Kepala Desa Utan Tengah pada 2016.

Isak Tangis Keluarga
Ipda Uji Siswanto dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Mesan Gali Desa Tengah, Kecamatan Utan, Sabtu (11/07/2020), sekitar pukul 10.00 Wita. Upacara pemakamannya dipimpin oleh Kapolres Sumbawa. Isak tangis istri dan anak mewarnai pemakamannya. Masyarakat berbondong-bondong mengantarkan perwira ramah dan humanis itu ke tempat peristirahatan terkahirnya.

Uji Siswanto menghembuskan nafas terkhirnya setelah dianiaya oleh seorang residivis kasus perampokan. Ia mengalami sejumlah luka sabetan senjata tajam di sekujur tubuhnya, dan mengakitabkan ia meninggal dunia.

Sebelum disemayamkan, jenazah Uji Siswanto diserahterimakan dari keluarga ke Polres Sumbawa di rumah duka. Kemudian disalatkan di masjid setempat, selanjutnya dimakamkan di TPU Mesan Gali, Desa Tengah Utan. Mengingat Uji Siswato merupakan anggota Polri yang merupakan abdi negara, tembakan Salvo menandakan penghormatan terakhir untuknya. (305/kmc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.