Warga Klungkung Dikubur Sesuai Protokol Covid, Kadiskes: Pasien Sempat Berstatus OTG

Kadiskes Klungkung, dr Adi Swapatni
Mayat perempuan, warga Dusun Mungguna, Tihingan, Banjarangkan, Klungkung yang sempat berstatus OTG dikuburkan oleh tim medis sesuai protokol Covid-19, Rabu (1/7/2020). (ketut sugiana)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Seorang warga Dusun Mungguna, Desa Tihingan, Banjarangkan, Klungkung meninggal di rumahnya Selasa (30/6/2020). Saat dilakukan penguburan di Setre Adat Penasan, Rabu (1/7/2020) sekitar pukul 13.00 Wita, tim medis melakukan pemakaman dengan protokol Covid 19. Penguburan juga disaksikan petugas pemusalaran jenazah RSUD Klungkung, pihak BPBD, TNI, Polri dan keluarga.

Meninggalnya pasien orang tanpa gejala (OTG) ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Klungkung, dr Adi Swapatni. Menurutnya, OTG tersebut meninggal bukan karena Covid-19, tapi karena kontak erat dengan penderita Covid-19 dan belum sempat mengikuti tes, maka tata kelola penguburan dilakukan dengan protokol Covid-19.

Menurut sumber petugas medis, OTG perempuan ini diketahui menderita sakit, namun belum diketahui pasti apa penyakitnya.Yang jelas iai meninggal di kediamannya, Dusun Mungguna, Desa Tihingan,Banjarangkan,Klungkung.

Meninggalnya OTG ini, jasadnya sempat dititipkan di ruang jenazah RSU Klungkung, Selasa (30/6/2020) siang. Padahal, sebelumnya pasien OTG ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

“Pasien OTG ini sempat diisolasi di rumahnya sambil menunggu rapid test massal yang jadwalnya, Selasa (30/6/2020) namun keburu meninggal dunia. Jenazahnya sudah dilakukan pemulasaraan selanjutnya dimakamkan,” ujar dr Nyoman Kesuma.

Lebih jauh dr Nyoman, mengatakan, jenazah sudah langsung dilakukan tes swab, namun hasil swab nya belum keluar.

” Walaupun hasil swab nya belum keluar, tapi penanganan jenazah OTG diberlakukan dengan sistem protokol kesehatan Covid-19,” sebutnya. (855).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.