PDIP Resmi Tutup Peringatan Bulan Bung Karno 2020

Pengurus DPD PDIP Provinsi Bali menutup secara resmi peringatan Bulan Bung Karno Tahun 2020.

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – DPD PDIP Provinsi Bali telah menyelesaikan berbagai kegiatan selama peringatan Bulan Bung Karno, Juni 2020 ini. Peringatan ini pun ditutup secara resmi oleh Ketua DPD PDIP Provinsi Bali I Wayan Koster, di Sekretariat DPD PDIP Provinsi Bali, Selasa (30/6/2020).

Menurut Koordinator Umum Peringatan Bulan Bung Karno Tahun 2020, Dewa Made Mahayadnya, ada empat peringatan selama Bulan Bung Karno ini. Pertama, Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni. Kedua, Hari Lahir Bung Karno tanggal 6 Juni. Ketiga Hari Wafat Bung Karno tanggal 21 Juni. Keempat, penutupan peringatan Bulan Bung Karno tanggal 30 Juni.

Untuk empat peringatan tersebut, menurut dia, ada berbagai kegiatan yang digelar. Seperti upacara bendera Hari Lahir Pancasila 1 Juni di masing-masing Kantor DPC PDIP, bakti sosial berupa pembagian sembako secara serentak di kabupaten/ kota sebanyak 30 ton beras, serta sosialisasi dan lomba.

Terkait sosialisasi, demikian Mahayadnya, salah satunya terkait pengolahan bahan pangan berbasis potensi lokal alam Bali berdasarkan resep Mustika Rasa Warisan Bung Karno. Sosialisasi ini dilaksanakan di seluruh DPC PDIP se-Bali dengan peserta masyarakat umum, bekerjasama dengan Indonesian Chef Association (ICA) secara virtual.

“Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang bagaimana mengolah hasil alam sebagai pengganti beras/ bahan pokok sehingga bisa mengurangi ketergantungan terhadap beras dan mengurangi pengeluaran rumah tangga di masa pandemi Covid-19,” kata Mahayadnya.

Ia menambahkan, sosialisasi lainnya adalah terkait kebun sayuran rakyat dengan konsep urban farming. Untuk sosialisasi ini pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. Termasuk menyerahkan bibit tanaman sayur, cabai, tomat dan lainnya.

“Kami berharap, keikutsertaan masyarakat Bali secara luas berkebun sayuran dengan konsep urban farming juga akan membantu meringankan pengeluaran rumah tangga di masa pandemi Covid-19,” ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Bali ini.

Terkait lomba-lomba yang digelar, demikian Mahayadnya, antara lain lomba melukis dengan tema “Bung Karno dengan Sistem Video Timelapse”, lomba vlog, lomba pidato dengan tema “Gotong Royong Berskala Besar untuk Penanganan Covid-19 Berbasis Kearifan Lokal Bali”, serta lomba musikalisasi puisi Bung Karno.

Lomba ini ditujukan bagi generasi muda, baik siswa, mahasiswa maupun umum. Hadiah untuk para pemenang lomba diserahkan langsung oleh Ketua DPD PDIP Provinsi Bali Wayan Koster, saat acara penutupan berlangsung. (182)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.