Mayjen TNI Kurnia Dewantara Jalani Tradisi “Tepung Tawar”

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara SIP, didampingi istri Tanty Kurnia Dewantara, setibanya di Bali menjalani tradisi "Tepung Tawar" di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Minggu (28/6/2020).

MANGUURA |  patrolipost.com – Mengawali tugas sebagai Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara SIP, didampingi sang istri tercinta Tanty Kurnia Dewantara, setibanya di Bali menjalani tradisi “Tepung Tawar” di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kabupaten Badung, Minggu (28/6/2020).

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP  menjelaskan, tradisi “Tepung Tawar” mengandung makna sebagai penolak segala rintangan dan bala bencana. Serta untuk menyucikan secara lahir batin bagi pejabat baru dengan harapan, agar dalam mengemban tugas akan terhindar dari segala rintangan, gangguan, mara bahaya, dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Bacaan Lainnya

“Setibanya di Bali, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara, SIP, didampingi istri Tanty Kurnia Dewantara mengambil tempat diantara Payung Agung, untuk menyaksikan tari penyambutan yakni, Tari Sekar Jagat yang diungkapkan melalui keindahan gerak dengan menggambarkan kegembiraan sebagai sambutan kepada para tamu yang hadir,” ujar Kapendam.

Turut menyambut kehadiran Pangdam diantaranya, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya MA, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, para Danrem jajaran Kodam IX/Udyayana, Asrendam dan para Asisten Kasdam IX/Udayana, serta Danlanud I Gusti Ngurah Rai dan Danlanal Denpasar, yang masing-masing juga didampingi sang istri.

Selanjutnya, Kasdam IX/Udayana memasangkan udeng (ikat kepala khas Bali) yang memiliki filosofi agar pemakainya memiliki pikiran yang fokus, matang, dan tidak mudah terombang-ambing oleh keadaan apapun. Sedangkan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD IX/Udayana Tanty Kurnia Dewantara dipasangi selendang khas Bali oleh Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Fenty Candra Wijaya.

Usai acara penyambutan di Base Ops Lanud  I Gusti Ngurah Rai, Pangdam dan istri beserta rombongan menuju rumah dinas jabatan Pangdam IX/Udayana di Jalan Yos Sudarso 1, Denpasar, disambut oleh para Komandan/Kabalakdam IX/Udayana beserta istri.

“Sudah menjadi tradisi setiap pergantian pejabat baru di jajaran Kodam IX/Udayana selalu melakukan rangkaian acara tradisi penerimaan atau penyambutan yang dinamakan tradisi “Tepung Tawar”. Demikian juga dengan pejabat baru Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara, SIP, yang baru tiba di Bali untuk mengawali tugasnya sebagai Panglima Kodam IX/Udayana,” tutur Kapendam.

Sesuai rencana, pada Senin (29/6/2020) pagi di Makodam IX/Udayana akan dilaksanakan acara tradisi penerimaan Pataka Praja Raksaka sebagai tanda pengukuhan prajurit Kodam IX/Udayana dengan semboyan Praja Raksaka yang mengandung makna Prajurit Pelindung dan Pengayom Rakyat. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.