Komsos Metode Binter Wujudkan Kemanunggalan TNl-Rakyat

Pembukaan kegiatan Komsos Kreatif Kodam IX/Udayana TA 2020 di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (25/6/220).

DENPASAR | patrolipost.com – Komunikasi sosial (komsos) merupakan salah satu metode pembinaan teritorial (binter) dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada seluruh komponen bangsa, sehingga terwujud kemanunggalan TNl-Rakyat dan meningkatnya partisipasi komponen bangsa di bidang pertahanan negara.

Terkait hal ini, Kodam IX/Udayana menyelenggarakan kegiatan komsos kreatif melalui pentas seni/budaya, olahraga, dan sosiodrama kepahlawanan daerah dan nasional, seperti pencak silat. Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto SIP dalam sambutannya yang dibacakan Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Jemz A Ratu Edo, saat pembukaan kegiatan Komsos Kreatif Kodam IX/Udayana TA 2020 di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (25/6/220).

Bacaan Lainnya

Kegiatan bertemakan “Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kreatif, Inovatif, dan Adaptif Ditengah Pandemi Wabah Covid-19”, melibatkan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Bali. Mengingat, pencak silat merupakan warisan kepribadian budaya bangsa Indonesia yang mengandung banyak unsur pembelajaran, baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani, karena memerlukan konsentrasi yang tinggi.

Pencak silat ini bukan saja dipelajari oleh bangsa Indonesia, tapi sudah mendunia. Adapun makna dan pesan yang disampaikan melalui kegiatan ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah serta memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dimiliki daerah, juga diarahkan pada terwujudnya ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh dalam rangka pertahanan negara aspek darat.

“Semoga kegiatan yang digelar ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi atau organisasi kemasyarakatan lainnya untuk melakukan kegiatan serupa. Sehingga kedepan tercipta generasi baru Indonesia yang memiliki jiwa cinta Tanah Air serta mampu mengangkat harkat, martabat, dan kejayaan bangsa di kancah nasional maupun internasional,” harap Pangdam.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP menjelaskan, selain dilaksanakan sosialisasi tentang kegiatan komsos kreatif juga sosialisasi kewaspadaan bahaya Covid-19 dan tatanan kehidupan baru masyarakat produktif.

Diselingi pementasan seni beladiri dari Perguruan Silat Nasional (Persinas) yang Ampuh, Sehat, Aman, dan Damai (ASAD) Bali, berupa peragaan seni gerak beregu dan perorangan menggunakan senjata (pisau, toya, dan double stick), serta pertarungan seni beladiri. Serta dihadiri langsung Ketua Persinas ASAD Bali Drs Polih Suluhatkarso MSn. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.