Oaala! Ikuti Google Maps, Dua WNA Tersesat di Hutan Desa Sulumbung Karangasem

Dua turis Amerika Serikat yang tersesat di hutan Desa Selumbung Karangasem berhasil ditemukan Tim SAR.

AMLAPURA | patrolipost.com – Dua WNA asal Amerika Serikat tersesat di Hutan Desa Sulumbung yang hendak menuju Pererenan Badung dengan berpedoman kepada Google Maps, Minggu (21/6/2020). Tim SAR gabungan berhasil menemukan kedua WNA dengan kondisi selamat, hanya mengalami lecet di bagian tangan.

Kedua wisatawan tersebut diketahui bernama Roland (24) dan Ridge (26). Keduanya memulai perjalanannya menggunakan sepeda motor dari Amed sekitar pukul 17.00 Wita hendak menuju Pererenan Badung dengan mengikuti petunjuk Google Map. Rupanya petunjuk mengarah ke Selumbung dan keduanya tersesat di Bukit Catu, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Bacaan Lainnya

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada mengatakan, bahwa teman korban langsung menghubungi Kantor Basarnas Bali untuk memberikan laporan. Malam itu juga, pelapor atas nama Isabela segera datang ke Kantor Basarnas Bali pada pukul 21.20 Wita.

“Mereka panik karena merasa tersesat dan hari mulai gelap, selanjutnya salah seorang segera menghubungi temannya Isabela untuk meminta pertolongan,” kata Gede Darmada.

Kemudian keduanya terus berusaha mencari jalan untuk keluar, karena medannya jalan menurun dan licin, akhirnya Roland dan Ridge memutuskan turun dari motor berjalan kaki berusaha meminta pertolongan dengan mencari rumah-rumah warga.

Basarnas Bali menggerakkan tim dari Pos SAR Karangasem, selanjutnya bersama dengan unsur SAR mulai menyisir hutan melalui medan perbukitan terjal.

Pada pukul  23.30 Wita target ditemukan pada koordinat  8°28.14.2’S – 115°31.40’E. Ketika ditemukan kondisi korban masih baik, hanya alami lecet di bagian tangan dengan perbekalan air minum yang sudah hampir habis.

“Beruntung mereka masih bisa mengakses jaringan internet, sehingga bisa share lokasi dan ternyata posisinya tak terlalu jauh dari jalan setapak,” ungkapnya. Waktu yang dibutuhkan dari titik penemuan hingga tiba di jalan keluar kurang lebih 1 jam lamanya. Keduanya dievakuasi ke Polsek Manggis untuk pemulihan.

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan 5 orang rescuer dari Pos SAR Karangasem, 5 orang personil dari Polres Karangasem, 5 orang personel dari Polsek Manggis dan pemandu Mudi Taker serta masyarakat setempat. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.