Menjaga Performa Rem Cakram Motor

  • Whatsapp
ilustrasi
DENPASAR | patrolipost.com – Harus diakui, perkembangan rem motor saat ini terus dipercanggih. Contohnya penggunaan rem model cakram pada kedua roda motor sekaligus. Sistem rem yang katanya lebih pakem ini cukup bisa menjamin keselamatan. Tapi bagaimanapun juga model rem tadi tidak bakal selamanya berfungsi maksimal kalau tidak dirawat baik-baik. Berikut ini beberap tips merawat rem cakram:
Pastikan tidak ada udara di dalam sistem hidraulik rem cakram..Udara adalah musuh nomor satu setiap sistem rem. Pasalnya, bisa mengurangi daya pengereman. Biasanya, masalah seperti ini terasa pada tuas/pedal rem yang keras saat ditekan dan daya pengereman berkurang.
Faktor kedua adalah ketebalan kampas rem. Lantaran rem sering dipakai, kampas rem otomatis jadi menipis. Ini bakal menjadikan gesekan anatara kampas rem dan piringan cakram berkurang sehingga daya pengereman melemah.
Terakhir, yang paling penting adalah kondisi minyak rem. Minyak rem yang berumur lama bakal bikin daya pengereman berkurang. Pasalnya tekanan pada hidraulik akan jadi melemah seiring waktu. (529)
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *