RSUP Sanglah Beberkan Rahasia Asupan Gizi Pasien Covid-19

Kepala Instalasi Gizi RSUP Sanglah Ni Wayan Rapiasih dan rahasia asupan gizi pasien Covid-19, minuman dan sup Covid.

DENPASAR | patrolipost.com – RSUP Sanglah beberkan rahasia asupan gizi pasien Covid-19 dan pegawai dinas ruang isolasi di RSUD Sanglah. Ada tambahan menu yang bahan-bahannya diyakini mampu melawan virus berupa minuman dan sup Covid.

Kepala Instalasi Gizi RSUP Sanglah Ni Wayan Rapiasih mengatakan, dalam rangka memberikan pelayanan khusus kepada pasien Covid-19 maupun pegawai yang dinas di ruang isolasi, pihak instalasi gizi RSUP Sanglah menyediakan menu khusus yang berbeda dengan menu sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Untuk pasien Covid-19, kami memberikan diet tinggi kalori dan tinggi protein. Kalorinya sekitar 2700 gram dan protein sekitar 125 gram perhari,” kata Ni Wayan Rapiasih, Selasa (16/6/2020).

Sementara itu, makanan yang diberikan merupakan makanan lengkap sebanyak 3 kali sehari, berupa protein hewani, protein nabati, sayuran dan buah-buahan.

Ni Wayan Rapiasih juga membeberkan, bahwa pihaknya memberikan menu ekstra khusus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kemungkinan dapat membantu mengurangi aktivitas dari virus Corona Disease (Covid-19). Menu ekstra khusus tersebut diberi nama minuman Covid, yang terbuat dari jahe, daun sirih dan jeruk lemon.

“Kami berikan 2 botol setiap hari untuk semua pasien Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan extra telur pagi dan sore hari, sedangkan malam hari pasien diberikan susu tinggi protein.

Menariknya, Rapiasih menerangkan selain memberikan asupan serat, protein dan vitamin, pasien juga diberikan extra sup yang diberi nama sup Covid.

“Bahan bumbunya terutama yang berbeda terdiri dari bawang putih, jahe, adas bintang dan kami menggunakan minyak VCO atau minyak kelapa murni. Semuanya dipercaya dapat memberikan penambahan imun pada tubuh. Mudah-mudahan dengan memberikan support nutrisi seperti ini, pasien cepat sembuh,” terangnya.

Sedangkan untuk pegawai di ruang isolasi juga disupport, karena setiap shift diberikan makanan lengkap dan minuman extra.

“Ekstranya berupa minuman, telur, madu, vitamin, dan terkadang kami berikan susu. Selain snack, kami juga memberi minuman sekitar 2 liter untuk setiap shift,” jelas Rapiasih.

Pemberian minuman ekstra tersebut selalu berganti sesuai siklusnya dan sesuai bahan yang terdapat di instalasi gizi RSUP Sanglah. Kalori standar yang ditetapkan untuk pegawai dinas Covid-19 di setiap shiftnya mendapat support nutrisi energi 1000 kalori dan protein sekitar 17 gram per sekali shift.

Saat pendistribusian makanan ke pasien pun juga menggunakan protokol standar Covid-19 di RSUP Sanglah. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.