Pesawat Tempur TNI AU Jatuh Timpa Rumah Warga

Tangkapan layar KompasTv kondisi pesawat setelah jatuh. (kpc)

PEKANBARU | patrolipost.com – Pesawat tempur TNI AU jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 jatuh menimpa rumah warga di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6/2020) sekitar pukul 08.13 WIB. Menurut kesaksian warga, sebelum pesawat jatuh, terdengar suara ledakan dan api muncul di bagian belakang pesawat tempur jenis Hawk tipe TT.

Sementara itu, pilot pesawat sempat terlihat melontarkan diri dari kokpit dan dikabarkan selamat. “Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Roesmin Nurjadin,” kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri kepada Antara di Pekanbaru, Senin (15/6/2020).

Sementara itu, menurut warga, pilot yang diketahui bernama Lettu Pnb Aprianto Ismail jatuh  sekitar 30 meter dari lokasi pesawat.

Dilansir dari KompasTV, salah satu warga bernama Dedi Sukisman mengaku mendengar suara ledakan lalu melihat pesawat menabrak atap rumah warga. “Saat itu saya sedang kerja, lalu dengar ada ledakan dan saya lihat ke atas. Ternyata ada pesawat terbang rendah dan menabrak atap rumah warga,” katanya.

Menurut keterangan saksi mata lainnya, pesawat menabrak sebuah rumah yang biasanya kosong. “Pesawat jatuh di rumah warga bernama Markun. Belum jelas apakah ada korban karena rumah itu biasanya kosong karena pemiliknya jarang di rumah,” kata seorang saksi mata.

Lokasi jatuhnya pesawat diketahui 5 kilometer dari Lanud Roesmin Nurjadin. Pasca kejadian, petugas dari TNI AU dan pemadam kebakaran berusaha memadamkan api. Lokasi kejadian telah dipasang garis polisi.
Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Fajar Adriyanto dalam keterangannya menyebutkan, kecelakaan pesawat itu terjadi di dekat Runway 36 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. TNI AU mengonfirmasi bahwa pesawat yang jatuh merupakan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan kapasitas kursi tunggal.

“Pada hari ini, Senin (15/6/2020) pukul 08.13 WIB, telah terjadi kecelakaan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209,” ujar Fajar.

Adapun pesawat itu dikendalikan oleh pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail. “Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru,” kata dia. Fajar melanjutkan, pilot dalam keadaan selamat karena berhasil melontarkan diri berkat ejection seat atau kursi lontar.

“Saat ini berada di RSAU dr Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ucapnya. (807/kpc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.