Pemkab Bangli Kembali Raih Opini WTP

Bupati Bangli I Made Gianyar menerima hasil pemeriksaan laporan keuangan dari Kepala BPK RI perwakilan Provinsi Bali, Jumat (12/6/2020).

BANGLI | patrolipost.com – Pemerintah Kabupaten Bangli kembali menerima  opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bali. Raihan ini adalah untuk ke empat kalinya bagi Pemkab Bangli.

Penyerahan opini WTP dari Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali Dr Drs Sri Haryoso Suliyanto, MSi, CSFA, diikuti Bupati Bangli I Made Gianyar SH MHum, Ketua DPRD Kabupaten Bangli I Wayan Diar, Inspektur I Wayan Sudiana,  Sekwan DPRD Bangli Anak Agung Gde Panji beserta pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangli. Acara dengan berpedoman pada protokol kesehatan berlangsung  di Ruang Arjuna Lantai III Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali, Jumat (12/6/2020).

Bacaan Lainnya

Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali Sri Haryoso Suliyanto mengatakan, berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK, dapat disimpulkan bahwa penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bangli Tahun 2019 telah sesuai dengan SAP (Standar Akuntansi Pemerintahan) berbasis akrual yang telah diungkapkan secara memadai dan tidak terdapat ketidakpatuhan yang berpengaruh langsung dan material, serta telah menyusun dan merancang unsur-unsur SPI (Satuan Pengawasan Intern) yakni lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan.

”Pencapaian opini WTP ini adalah untuk  keempat kalinya bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli. Ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Bangli beserta jajaran perangkat daerahnya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan,” ungkapnya.

Haryoso Sulisyanto juga menyampaikan bahwa perbaikan atau tindak lanjut dari hasil pemeriksaan keuangan di Kabupaten Bangli sangat meningkat atau sangat baik yaitu mencapai 94,53%. Hal ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa karena melampui capaian kabupaten yang lain.

Sementara Bupati Bangli I Made Gianyar dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Bangli, karena atas kerja kerasnya selama ini sehingga opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 4 (empat) kali berturut-turut bisa diraih.

”Ini merupakan buah dari kerja keras  jajaran ASN,” sebut bupati asal Desa Bunutin, Kintamani  ini.

Made Gianyar juga mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran BPK Perwakilan Provinsi Bali, utamanya para tim pemeriksa yang selama ini selalu memberikan motivasi, dorongan dan spirit kepada Pemerintah Kabupaten Bangli untuk selalu berbenah khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Tentunya dengan hasil capaian tindak lanjut yang mencapai 94,53 persen  tersebut, menjadi motivasi untuk tahun ini agar mampu menindaklanjuti hingga mencapai 100 persen,” ujar Made Gianyar. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.