Pelindo 3 Teken MOU dengan HIPMI untuk Tingkatkan Kerja Sama Bisnis dengan Swasta

(Kiri – kanan) Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis, Toto Nugroho Pranatyasto; Direktur Utama, Doso Agung; Direktur Operasi dan Komersial, Putut Sri Muljanto. (ist)

 

Bacaan Lainnya

 

SURABAYA |patrolipost.com – Pelindo 3 memastikan kegiatan investasi terus berjalan di tengah pandemi Covid-19 dengan menggandeng pihak swasta yang diwakili oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berinvestasi pada beberapa proyek strategis yaitu Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di Pelabuhan Benoa Bali dan marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi.

Direktur Utama Pelindo 3 Doso Agung menyebutkan perusahaan swasta memiliki peranan besar dalam membantu BUMN mengelola sejumlah proyek pembangunan dalam negeri. Selain itu, dirinya menyebutkan sudah saatnya para pengusaha UMKM diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan mengembangkan usahanya.

“Kami mendukung penuh arahan Menteri BUMN untuk menggandeng perusahaan swasta dalam menggarap proyek-proyek pembangunan dalam negeri. Sudah saatnya para pengusaha UMKM diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan berkontribusi buat negara,” papar Doso, Rabu (10/6/2020).

Menurutnya, dibutuhkan campur tangan dari semua pihak untuk mewujudkan pembangunan BMTH dan marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi dalam mewujudkan pariwisata maritim pertama di Indonesia. Menjelang tatanan normal baru diharapkan industri pariwisata harus bisa dibangun dan hidup kembali.

Melalui MOU dan kerja sama antara BUMN dan swasta, Doso berharap akan terjalin sinergi antara BUMN dan swasta dalam setiap perencanaan pembangunan infrastruktur publik. Sinergi antara BUMN dan pihak swasta akan membawa manfaat positif bagi kedua belah pihak.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang juga hadir dalam penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Pelindo 3 dan HIPMI mengatakan, peran pengusaha khususnya HIPMI di era normal baru ini sangat diharapkan mampu membangun ekosistem sistem usaha yang sehat serta berperan aktif dalam membangun ekonomi bangsa pasca pandemi seperti saat ini.

“Di era normal baru ini, pengusaha harus bisa bersama membangun ekosistem usaha yang sehat dan anggota HIPMI harus jadi garda terdepan untuk membangun ekonomi bangsa,” ujar Bahlil.

Sementara Ketua HIPMI Mardani H Maming menyebutkan, perusahaan swasta memiliki peranan besar dalam membantu pemerintah mengelola sejumlah proyek pembangunan dalam negeri.

“Kami berharap para pengusaha bisa berperan aktif menggerakkan perekonomian bangsa, sehingga harapannya UMKM khususnya di bawah HIPMI juga bisa lahir sebagai puncak perekonomian bagi bangsa dan negara,” papar Maming Ketua HIPMI.

Bali Maritime Tourism Hub atau BMTH sediri merupakan saah satu proyek strategis yang sedang di kerjakan oleh Pelindo 3 guna meningkatkan perekonomian bali melalui wisata maritim dan kunjungan wisatawan dari jalur laut. Saat ini Pelabuhan Benoa Bali sedang di tata ulang untuk dijadikan wisata maritim dan terminal cruise atau kapal pesiar terbesar di Indonesia. (473)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.