Chryshnanda Dwilaksana Beri Materi Democratic Policing kepada Serdik Sespimmen

Brigjen Pol Dr Chryshnanda Dwilaksana MSi.

JAKARTA | patrolipost.com – Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dir Kamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Dr Chryshnanda Dwilaksana MSi menjadi dosen perkuliahan jarak jauh peserta didik (Serdik) Sespimmen Polri Dikreg ke-60, Rabu (3/6/2020). Dalam perkuliahan ini Chryshnanda Dwilaksana memberi materi Democratic Policing kepada 241 Serdik Sespimmen secara online.

Perwira tinggi Polri lulusan Akademi Kepolisian tahun 1989 ini menjelaskan bahwa masyarakat memerlukan polisi karena pada dasarnya masyarakat pasti akan bertahan untuk hidup (survive) dengan catatan harus adanya produktivitas, dalam proses produktivitas selalu akan ada ancaman, hambatan, gangguan.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu dengan adanya kehadiran polisi diharapkan agar dapat menjamin adanya rasa aman untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menegakkan aturan, hukum, dan perundang-undangan.

Kaprodi S3 Ditprogram Pasca Sarjana STIK Lemdikpol pada tahun 2015 ini juga menjelaskan bahwa polisi pada era modern seperti saat ini yakni polisi profesional yang sudah harus memiliki keahlian tertentu.

Diharapkan keberadaan polisi sudah seharusnya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi; ada yang bertugas di lapangan dan ada yang mem-back up administrasi maupun operasionalnya sehingga mereka mampu bertindak cepat, tepat, akurat, mudah, transparan, akuntabel, dan informatif.

Dirkamsel Korlantas Polri ini memaparkan bahwa standard kepolisian modern yaitu polisi yang proaktif, problem solving, mendekatkan kepada masyarakat dan lebih mengutamakan tindakan-tindakan pencegahan serta berorientasi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Selain itu harus mampu memberikan pelayanan pelayanan kepolisian yang prima (cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif dan mudah diakses).

Sebelum menutup perkuliahan Chryshnanda berharap agar para peserta didik pada saat bertugas nantinya dapat memiliki integritas, dapat menjadi role model yang baik dalam menjalankan pengabdiannya kepada masyarakat sesuai dengan motto Polri, Rastra Sewakottama, abdi utama bagi nusa dan bangsa. (afh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.