Shin Tae-yong: Pemain Indonesia Tak Tahu Apa yang Harus Dimakan

  • Whatsapp
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia belum lama ini.(net)

JAKARTA | patrolipost.com – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa para pemain asuhannya masih kesulitan disiplin soal menu makanan. Saat diwawancarai oleh stasiun berita Korea Selatan, KBS News, Shin Tae-yong mengakui bahwa para pemain Indonesia belum tahu makanan apa yang harus dan tidak boleh dikonsumsi seorang atlet.

Dalam tayangan itu, KBS News mengupas cara Shin Tae-yong melakukan pengawasan kepada anak-anak asuhnya di timnas U-19 Indonesia. “Awalnya saya sudah merencanakan roadmap selama setahun, tetapi semuanya dilarang saat ini untuk ke Indonesia,” kata Shin Tae-yong

“Para pemain juga tak melakukan latihan tim, jadi saya pikir kami harus melakukan latihan di rumah bersama secara remote di sini (Korea),” tambahnya. Sejak 14 Mei 2020 lalu, Shin Tae-yong memang menggelar latihan virtual bersama timnas U-19 Indonesia.

Shin Tae-yong dibantu oleh salah seorang peraga yang memperagakan gerakan dalam latihan. Lalu, para pemain timnas U-19 Indonesia akan mengikuti gerakan tersebut. Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengawasi latihan para pemain timnas U-19 Indonesia melalui sebuah layar komputer. Sesi latihan virtual tersebut berlangsung satu jam setiap hari.

Shin Tae-yong menggembleng pemain timnas U-19 Indonesia melalui latihan virtual untuk mempersiapkan penampilan di Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Tak hanya menerangkan soal pola latihan selama pandemi virus corona, Shin Tae-yong juga menjelaskan kelebihan dan kekurangan pemain Indonesia dalam wawancara kepada KBS News tersebut. Shin Tae-yong mengakui bahwa teknik sepak bola para pemain Indonesia sudah cukup baik.

Namun, pelatih 51 tahun itu juga menyoroti ketahanan dan kekuatan fisik para pemain asuhannya. “Saya tak masalah dengan teknik, tapi tidak dengan kekuatan fisik. Jadi kami fokus meningkatkan program latihan kami,” ujar Shin Tae-yong.

“Saya kira Indonesia sangat bisa berkembang jika para pemain selalu meningkatkan kebugarannya teknologi di sana juga bagus,” kata dia lagi. Di sesi latihan, Shin Tae-yong juga selalu mengecek soal menu makanan dan nutrisi yang harus masuk ke tubuh pemain. Menurut Shin Tae-yong, pemain Indonesia belum begitu mengerti apa yang harus dan tidak boleh dimakan untuk pemenuhan nutrisi seorang atlet.

“Atlet Indonesia belum merasakan kebutuhan untuk memenuhi nutrisi dan makanan apa yang harus dimakan,” kata Shin Tae-yong. “Hal ini penting, sehingga mencegah mereka makan gorengan,” tambahnya. (305/kmc)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *