Gelar UTBK Jalur Mandiri, Unud Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19 

  • Whatsapp
Ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019. (ist)

DENPASAR |patrolipost.com – Dalam rangka mencegah penularan Covid-19, Universitas Udayana gelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur mandiri dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pelaksanaan UTBK tersebut digelar selama selama 9 hari dengan 18 sesi pada tanggal 20 Juli sampai dengan 6 Agustus 2020 dimana setiap harinya ada dua sesi ujian, yakni pagi dan siang hari.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof I Nyoman Gde Antara mengatakan, Universitas Udayana memiliki 1.000 komputer yang siap digunakan. Ia memastikan selama ujian berlangsung pihaknya akan menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing), sehingga hanya 500 komputer yang dapat digunakan dari jumlah total 1.000 komputer yang dimiliki.

Bacaan Lainnya

“Sejak calon mahasiswa masuk kampus, mereka akan diperiksa suhu tubuhnya. Akan ada tes suhu badan. Jika misalnya di bawah normal, kami tidak perkenankan masuk ke ruang ujian. Masuk ke ruangan masing-masing juga menerapkan physical distancing,” jelasnya, Rabu (20/5/2020).

Selain calon mahasiswa, petugas juga diharuskan menggunakan masker serta pengecekan suhu tubuh. Sebelum dan setelah tiap sesi berlangsung, pihaknya juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di dalam ruang ujian, sehingga dapat dipastikan keamanannya.

Universitas Udayana telah mempersiapkan tim kesehatan yang akan bekerjasama dengan tim akademik untuk memastikan jalannya tes UTBK tersebut. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan tim Rumah Sakit Unud untuk menyediakan ambulance serta berkoordinasi lebih lanjut dengan Satgas Penanggulangan Covid-19 tingkat provinsi.

Bersamaan dengan kesiapan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, Universitas Udayana juga sedang mempersiapkan UTBK jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada awal Juli 2020 mendatang. Menurut Prof Antara, penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri merupakan otoritas universitas masing-masing, sedangkan jalur SBMPTN pihaknya masih menunggu kebijakan nasional.

“Posisi kita saat ini siap melakukan pendaftaran SBMPTN pada 2 Juni sampai 20 Juni. Tesnya 5 Juli sampai 12 Juli. Kami memang buka pendaftaran jalur mandiri lebih awal dari pendaftaran SBMPTN, Untuk pengumuman kelulusan SBMPTN akan berlangsung 25 Juli 2020, sedangkan pengumuman kelulusan jalur mandiri berlangsung 11 Agustus 2020,” imbuh Prof Antara.

Universitas Udayana menyiapkan daya tampung sebanyak 6.500 kursi untuk tahun akademik 2020/2021. Angka tersebut sesuai dengan Permendikbud.

“Sesuai Permendikbud, SNMPTN kita diijinkan minimal 20 persen dari daya tampung, SBMPTN minimal 40 persen, dan mandiri maksimal 30 persen,” jelas Prof. Antara.

Daya tampung 6.500 kursi ini akan mengisi 48 program studi sarjana (S1) dan 4 program studi diploma. Berdasarkan pengumuman kelulusan SNMPTN 2020 awal April lalu, sebanyak 2.073 peserta dinyatakan lulus di Universitas Udayana.

Berikut adalah Jadwal Penerimaan Maba Jalur Mandiri

Pendaftaran: 19 Mei s/d 30 Juli 2020

Pelaksanaan UTBK: 20 Juli s/d 6 Agustus 2020

Pengumuman kelulusan: 11 Agustus 2020

Pendaftaran ulang: 12-19 Agustus 2020. (cr01)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *