Dusun Tegal Kori Bagikan Puluhan Paket PMT Kepada Lansia dan Balita

Dua kader lansia Dusun Tegal Kori saat membagikan paket pemberian makanan tambahan (PMT) kepada Ni Wayan Sukesni, warga lansia yang tinggal di Jalan Nuansa Kori XVIII/6, Ubung Kaja, Denpasar, Sabtu (16/5/2020).

DENPASAR | patrolipost.com – Sejumlah kader Posyandu Dusun Tegal Kori, Kelurahan Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, berjibaku selama sekitar 2 jam secara “door to door” membagikan puluhan paket pemberian makanan tambahan (PMT) kepada warga lanjut usia (lansia) dan anak-anak katagori bayi berusia lima tahun ke bawah (balita).

Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini, sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan kondisi kesehatan para lansia dan balita warga Br Tegal Kori, bersama sejumlah kader lansia dan kader balita, Ketua PKK Dusun Tegal Kori Ni Wayan Sukasih memimpin pelaksanaan pembagian PMT, yang kali ini dilakukan dengan mendatangi langsung satu persatu ke rumah para lansia dan balita tersebut.

Bacaan Lainnya

“Menindaklanjuti imbauan pemerintah sesuai protokol kesehatan untuk mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus Corona, maka kami bersama sejumlah kader lansia dan kader balita berbagi tugas dan menyebar untuk membagikan paket PMT tersebut ke masing-masing rumah dari 30 lansia dan 22 balita,” ujar Sukasih, istri Ketut Subrata (Kadus Tegal Kori), saat ditemui di wantilan Br Tegal Kori, Ubung Kaja, Denpasar, Sabtu (16/5/2020).

Beberapa hari sebelum pelaksanaan pembagian puluhan paket PMT ini, Sukasih menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan sistem dalam jejaring (daring) melalui WhatsApp Group (WAG). Dimana, disepakati paket PMT untuk lansia terdiri dari, kacang hijau, telur, susu, jeruk dan semangka serta biskuit, sedangkan paket PMT untuk balita meliputi, kacang hijau, telor, susu, biskuit khusus balita, nutrijell, dan jeruk.

“Dalam pelaksanaan pembagian PMT tersebut, kami instruksikan kepada seluruh kader untuk wajib mengenakan baju seragam kader, memakai masker, dan selalu menerapkan jaga jarak (physical distancing) saat menemui dan menyerahkan langsung PMT tersebut kepada para lansia dan orangtua balita,” jelas Sukasih, seraya mengapresiasi kinerja para kader yang selalu kompak, guyub, dan solid.

Turut hadir untuk memonitor kegiatan pembagian puluhan paket PMT tersebut, Ni Made Elayanti, selaku Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kelurahan Ubung Kaja.

Biasanya (sebelum adanya pandemi Covid-19), kegiatan posyandu selalu rutin digelar sekali dalam sebulan di wantilan Br Tegal Kori, Ubung Kaja, Denpasar. Diawali dengan cek tensi darah, pengukuran (berat badan, lingkar pinggang, dan tinggi lutut), dilanjutkan senam lansia, pembagian PMT, konsultasi kesehatan, dan diisi dengan penyampaian materi khusus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh lansia serta tumbuh kembang balita. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.