Viral! Pedagang Ramai-ramai Buang Sayur, Apa Kisah

Pedagang Pasar Sayur Kedungrejo, Sahri
Salah satu pedagang yang sempat membuang sayurnya di sungai. (dtc/net)

MALANG | patrolipost.com – Aksi pedagang rame-rame membuang sayur dan membagikan gratis kepada masyarakat viral di media sosial. Para pedagang mengaku rugi karena sayuran tak laku semenjak pandemi Corona. Mereka sehari-harinya berjualan di Pasar Sayur Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.
Salah satu pedagang, Sahri mengaku, omzet penjualan terjun bebas mulai adanya wabah Corona. Di sisi lain, produksi sayur melimpah ruah.

“Penjualan turun sampai 90 persen, lha stok sayurnya melimpah,” kata Sahri kepada wartawan, Sabtu (16/5/2020).

Sahri bersama pedagang lain bukan hanya melayani pembeli dari Malang Raya saja. Melainkan juga pembeli yang berasal dari Surabaya. Menurut Sahri, pembeli asal Surabaya telah banyak mengurangi jadwal kedatangan ke Pasar Sayur Kedungrejo, sehingga berdampak pada omzet penjualan.

Meskipun datang, para pembeli luar kota tersebut memborong sayuran tidak seperti biasanya. Jumlah pembelian berkurang banyak, sehingga mengakibatkan stok pedagang melimpah.

“Katanya di sana (Surabaya) tidak laku. Jadi pembelian sayur tidak banyak,” ucap Sahri. Untuk menyiasati agar sayurannya laku, Sahri berkeliling ke pasar lain yang buka sampai malam hari.

“Kalau tidak terjual di sini saya keliling ke pasar lain. Pokoknya jangan sampai membuang lah, meskipun kadang ya ada sisanya,” kata Sahri.

Terpisah Winarno, anggota paguyuban Bakul Kulup Pasar Kedungrejo menambahkan, lebih dari 400 pedagang di pasar setempat mengalami kerugian karena dampak Corona. Harga sayuran anjlok hingga membuat para pedagang merugi.

“Banyak sayuran kemudian tak terbeli,” tegasnya.
Winarno berharap, pandemi COVID-19 segera berlalu. Sehingga pedagang dapat kembali berjualan sayur dengan harga seperti awal sebelum wabah melanda.

Di samping itu, akan banyak lagi pembeli datang membeli sayur, sehingga membantu perekonomian masyarakat.

“Kalau begini terus, bakal tidak ada yang berjualan lagi,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, viral aksi para pedagang yang membuang produk sayuran yang semestinya dijual. Bukan hanya membuang, sebagian sayuran dibagikan gratis kepada pengguna jalan yang melintas. Pedagang menyebut aksi itu dilakukan lantaran sayuran tidak laku karena lockdown.(305/dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.