Setelah Pedagang Ayam Positif Covid-19, Warga Dua Desa Diswab Massal

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng Gede Suyasa. (cha)

SINGARAJA | patrolipost.com – Pola persebaran Corona virus (Covid-19) melalui transmisi lokal makin mengkhawatirkan. Ini setelah pedagang ayam dekat episentrum Desa Bondalem Kecamatan Tejakula, terpapar Covid-19 lewat transmisi lokal. Pasien dengan kode 52 ini kini tengah menjalani proses penyembuhan di Rumah Sakit Giri Emas, Sawan.

Untuk antisipasi agar wabah corona tak makin meluas, Gugus Tugas Covid-19 Buleleng menggelar swab test massal di Desa Bondalem dan Desa Julah.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 74 orang warga Desa Julah dan Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula dilakukan swab massal berbasis PCR dengan pola acak, Kamis (14/5/2020).

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, membenarkan swab test massal itu. Suyasa mengungkap, sebanyak 18 orang dari Desa Julah menjalani swab massal dengan metode PCR. Swab itu menurut Suyasa, untuk memastikan adanya persebaran setelah terdapat kasus transmisi lokal di desa tersebut, yakni pedagang ayam terkonfirmasi positif.

Swab massal yang sama juga dilakukann di Desa Bondalem. Sebanyak 56 orang swab merupakan warga yang tinggal di satu dusun.

“Laporan dari tim medis di dua desa itu sudah dilakukan test spesimen swab PCR secara rondom,” ungkap Suyasa.

Menurut Suyasa, sempel swab puluhan warga tersebut akan diuji di laboratorium kesehatan di RSUP Sanglah, Denpasar dan hasilnya segera akan diketahui.

Suyasa menambahkan, hasil swab tes itu akan dijadikan dasar tim gugus tugas untuk mengambil kebijakan terkait penanganan Covid-19.

“Hasil swab itu kita akan jadikan dasar kebijakan penanganan Covid-19 lebih lanjut terlebih setelah ada kasus transmisi lokal,” tandasnya. (625)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.