Pangdam Pantau Kedatangan Ratusan ABK RCCL di Bandara

Beberapa PMI tampak sedang beristirahat di restoran bandara.

MANGUPURA | patrolipost.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP, selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) wilayah Bali memantau langsung kedatangan ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau anak buah kapal (ABK) Royal Carribean Cruise Line (RCCL) Bridgetown-Barbados, yang tiba di Bali lewat lewat jalur udara atau penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kamis (14/5/2020).

“Pada Rabu (13/5/2020), ada 210 orang. Hari ini, Kamis (14/5/2020) tercatat ada 226 orang yang mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai,” ujar Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP.

Bacaan Lainnya

Turut mendampingi Pangdam antara lain, Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb Radar Suharsono, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Jemz Andre Ratu Edo, Dandeninteldam IX/Udayana Letkol Chb I Gusti Ngurah Suma Ardika, SE, serta Dandenkav 4/Shima Pasupati (SP) Mayor Kav Raditya Chandra Ananta, SE.

Menurut Kapendam, Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) wilayah Bali dalam hal ini Kodam IX/Udayana, dimana tugasnya untuk percepatan penanggulangan Covid-19 yang dikhususkan pada penanganan debarkasi PMI, yang baru datang di Bali. Pangdam dan rombongan juga sempat meninjau Pos Pemeriksaan sekaligus mengecek proses pemeriksaan para PMI.

Kogasgabpad di wilayah Bali yang dikomandoi oleh Pangdam IX/Udayana sebagai Pangkogasgabpad, memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani debarkasi para PMI yang datang ke pintu masuk Bali melalui jalur udara maupun laut.

“Setibanya di Bali, para PMI tersebut melaksanakan pengecekan kesehatan melalui scanning thermol dan wawancara. Hasilnya tidak menunjukkan indikasi kenaikan suhu tubuh, kemudian dilanjutkan dengan proses swab test terhadap seluruh PMI,” tutur Kapendam.

Usai pemeriksaan kesehatan, seluruh PMI/ABK diantar menuju LPMP Niti Mandala Renon, Denpasar untuk didata dan selanjutnya dijemput oleh masing-masing Satgas Covid-19 di kabupaten/kota untuk kemudian dibawa ke karantina yang disiapkan oleh masing-masing Pemda setempat, sementara hasil swab test akan dikirimkan ke daerahnya masing-masing.

Kapendam juga menjelaskan, ada 30 PMI/ABK MV Viking Orion yang tiba melalui jalur laut di Pelabuhan Benoa, Denpasar. Dari unsur Pam Laut, dalam rangka mendukung Satgas Covid-19 bidang pengamanan laut terdiri dari, TNI AL Lanal Denpasar, Polairud Polda Bali, Basarnas, KKP dan KSOP Bali, juga telah menyiapkan urutan kegiatan penerimaan PMI tersebut sesuai SOP yang berlaku.

“Sebelum mendarat, segala pemeriksaan dan swab test dilakukan di atas kapal oleh Tim Kesehatan Satgas Covid-19. Kemudian, puluhan PMI/ABK tersebut dibawa menuju ke Pelabuhan Benoa menggunakan Sekoci milik MV Viking Orion dengan dikawal ketat oleh unsur gabungan Pam Laut,” jelas Kapendam.

Setelah PMI tiba di dermaga, para PMI diarahkan menuju tempat pengecekan dokumen/passport PMI di area kedatangan dilanjutkan dengan pengecekan barang bawaan PMI menggunakan X-ray oleh Tim Bea Cukai.

“Selanjutnya, para PMI/ABK tersebut diarahakan menuju kendaraan yang telah disiapkan oleh Dishub Provinsi Bali dengan kawalan ketat dibawa menuju tempat isolasi yang sudah ditentukan yaitu, di Hotel Grand Inna Kuta,” tutur Kapendam. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.