Gempabumi Tektonik M 4,0 Guncang Karangasem dan Buleleng

Foto: ilustrasi/net

DENPASAR | patrolipost.com – Gempabumi berkekuatan M=4,0 guncang Karangasem dan Buleleng, Selasa (12/5/2020) pukul 09.14.16 Wita. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Episenter terletak pada koordinat 8,41 LS dan 115.94 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 25 km Barat Daya Lombok Utara-NTB, pada kedalaman 10 km,” ujar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar M Taufik Gunawan.

Bacaan Lainnya

Dilihat dari jenis dan mekanisme gempabumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif busur belakang (Back Arc Thrust).

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem dan Buleleng II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” imbuh Taufik Gunawan.

Hingga pukul 09:40 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kepada Masyarakat BMKG menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*/cr01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.