Sofyan Djalil Beri Kuliah Pendidikan Karakter Berkeunggulan kepada Serdik Sespimmen Polri

Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Drs Arief Sulistyanto MSi (atas) dan Dr Sofyan A Djalil SH, MA, MALD (bawah).

JAKARTA | patrolipost.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional, Dr Sofyan A Djalil, SH, MA, MALD pagi ini berkesempatan menjadi pembicara pada perkuliahan jarak jauh (PJJ) dengan peserta didik (Serdik) Sespimmen Dikreg ke-60 dari kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang di Jakarta, Jumat (8/05/2020).

Pembukaan perkuliahan disampaikan langsung oleh Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Drs Arief Sulistyanto, MSi dari Kantor Lemdiklat Polri di Ciputat, Jakarta Selatan. Perkuliahan melalui daring ini dihadiri oleh 241 Serdik Sespimmen Dikreg ke-60.

Bacaan Lainnya

Adapun tema yang diangkat oleh Sofyan dalam perkuliahan ini adalah “Pendidikan Karakter Berkeunggulan”.  Dalam perkuliahannya, Pria kelahiran Aceh ini memaparkan bahwa sekarang kita telah memasuki era revolusi industri 4.0. Dalam waktu 20 tahun ke depan, sekitar 70%-80% jenis pekerjaan diprediksi akan hilang. Kemajuan teknologilah yang membuat pekerjaan manusia digantikan oleh robot ataupun program komputer.

Sofyan juga menjelaskan, bahwa terdapat 10 keterampilan utama yang wajib dimiliki untuk mampu berkompetisi di tahun 2020 yaitu:

  1. Pemecahan masalah yang kompleks
  2. Berfikir kritis
  3. Kreatifitas (out of the box)
  4. Kemampuan Mengelola Manusia
  5. Berkoordinasi dan berkolaborasi dengan orang lain
  6. Kecerdasan emosi
  7. Penilaian dan pengambilan keputusan yang tepat
  8. Orientasi melayani
  9. Negosiasi
  10. Kelenturan berfikir (tidak egois).

Pada akhir perkuliahan, Sofyan juga berpesan kepada seluruh Serdik untuk mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang sesuai dengan perkembangan zaman, khususnya pada era revolusi industri 4.0. (rls/222)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.