Gubernur Bali dan Pangdam Bahas Ratusan PMI di Kapal Pesiar Quantum of The Seas

Pangdam IX/Udayana berdialog dengan Gubernur Bali dan Bupati Gianyar terkait kedatangan kapal pesiar MV Quantum of The Seas di Pelabuhan Benoa.

DENPASAR | patrolipost.com – Gubernur Bali I Wayan Koster, didampingi Bupati Gianyar I Made Mahayastra berkunjung ke Makodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (5/5/2020), dan diterima serta disambut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP.

Di ruang tamu Pangdam, para petinggi di Bali ini membahas terkait kedatangan 159 Pekerja Migrasi Indonesia (PMI), yang merupakan ABK Kapal Pesiar MV Quantum Of The Seas yang tiba di Pelabuhan Benoa, Senin (4/5/2020). ABK tersebut sebanyak 118 orang berasal dari Bali dan 41 orang dari luar Bali (Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Makassar).

Bacaan Lainnya

Dari 159 orang ABK/PMI tersebut sudah dilakukan tes swab di atas kapal oleh Tim Labkes Dinkes Provinsi Bali. Selanjutnya, mereka diantar menuju Hotel Grand Inna Kuta, Kabupaten Badung, guna melaksanakan isolasi sambil menunggu hasil tes lebih lanjut.

Menurut Gubernur Bali, jika dari hasil tes dinyatakan negatif segera dipulangkan ke daerah masing-masing dengan melaksanakan isolasi mandiri. Sedangkan bagi yang dinyatakan positif, maka akan langsung dirawat di rumah sakit yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Pangdam IX/Udayana mengatakan bahwa kondisi PMI/ABK kali ini berbeda dengan kasus yang terjadi di Kabupaten Bangli, dimana yang terindikasi positif  maupun negatif tetap dikarantina guna mencegah penyebaran Covid-19.

Terkait PMI/ABK yang sedang menunggu hasil tes, Pangdam menyampaikan bahwa yang diurus saat ini hanya logistik (makan) dan penginapan saja. “Sedangkan, masalah perawatan dan tes lanjutan menjadi tanggung jawab dari daerah masing-masing,” ujar Pangdam. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.