Hasil Akhir Rapid Test Negatif, PMI Dipulangkan dari HARRIS Sunset

Para PMI yang dipulangkan dari tempat karantina di HARRIS Hotel & Residences Sunset Road, Denpasar, Selasa (28/4/2020).

 

Bacaan Lainnya

DENPASAR | patrolipost.com – Senyum ceria tampak di wajah 53 Pekerja Migran Indonesia (PMI) lantaran, Selasa (28/4/2020) mereka resmi meninggalkan “rumah singgah” atau tempat karantina mereka selama 14 hari di HARRIS Hotel & Residences Sunset Road, Denpasar.

Sebelum kepulangan mereka ke rumah masing-masing, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan serta Satuan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 memfasilitasi Rapid Test atau screening terakhir terhadap 53 Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebelum mereka meninggalkan HARRIS Hotel & Residences Sunset Road, Denpasar

Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Luh Sri Armini usai melepas para PMI asal Denpasar menjelaskan, gelombang pertama yang kembali ke keluarganya ini telah mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat. Hal ini lantaran kelompok tersebut lebih rentan karena memiliki riwayat kontak atau bepergian keluar daerah atau negara terjangkit.

“Pemkot Denpasar benar-benar melakukan protap Covid-19 terhadap PMI yang mejalani masa karantina, selain penjagaan yang ketat dan pemeriksaan kesehatan rutin, hari ini dilakukan rapid test untuk memastikan nanti setelah pulang PMI sudah negatif dan sehat,” jelasnya

Diakui Kadis Kesehatan, selama mereka di rumah singgah ini, manajemen Harris melayani mereka dengan baik, ada olah raga dan sebagainya jadi mereka betul-betul dijaga oleh manajemen hotel. Bahkan disiapkan minuman tradisional jahe sirih. Secara psikis ketika mereka merasa nyaman, senang akan salah satu cara meningkatkan imun.

Ia juga menghimbau kepulangan PMI ini hal biasa layaknya mereka pulang usai bekerja, jadi masyarakat jangan menstigma, tetapi justru harus didukung dengan baik. Kalau tidak didukung justru bisa kemana-mana nantinya.

“Mereka semua para PMI adalah saudara kita, keluarga kita berikan hal positif bagi mereka. Kalaupun kelak ada yang positif harus jujur menyampaikan kepada tenaga kesehatan,” tuturnya.

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, M. A. Dezire Mulyani juga menyampaikan kepulangan PMI yang berjumlah 53 orang berkat kerjasama semua pihak yang secara bersama-sama melakukan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Kita bersyukur semua sehat, boleh pulang ke rumah masing-masing dan juga ingat physical distancing, social distancing, cuci tangan dan tetap tinggal di rumah. Dan semoga Covid-19 ini cepat berlalu,” katanya mengingatkan.

Difasilitasi manajemen HARRIS hotel, para PMI dalam kesempatan ini juga menyerahkan bantuan kepada BPBD Kota Denpasar, sedangkan manajemen HARRIS menyerahkan bantuan APD kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali.

Turut melepas 53 PMI kali ini antara lain, Dedy Winata (owner) HARRIS hotel, Ketua PWI Provinsi Bali, IGMB Dwikora Putra beserta pengurus, General Manager HARRIS Hotel & Residences Sunset Road dan PT. Bali Mitra Wisatama, Nyoman Wirayasa, Kepala BPBD Kota Denpasar, Kalaksa BPBD Kabupaten Klungkung serta Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar. (473)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.