Sempat Terombang-ambing karena Mesin Jukung Rusak, Nelayan Jimbaran Ditemukan Selamat

Nelayan Pantai Jimbaran, Badung/ilustrasi/net.

JIMBARAN | patrolipost.com – Seorang nelayan pencari lobster, I Wayan Ardana (40) sempat dilaporkan hilang saat melaut. Namun warga Jalan Pantai Sari Nomor 10 Jimbaran Kuta Selatan, Kabupaten, Badung itu kemudian ditemukan dalam keadaan selamat, Jumat (24/4). Ia sempat terombang-ambing di perairan Jimbaran lantaran Jukung Kayu Katir 2, mesin jenis ketingting merk Honda 5 PK itu rusak.

Kasubag Humas Polresta Denpasar Iptu I Ketut Sukadi mengatakan, setelah mendapatkan laporan bahwa ada nelayan hilang, pihak Pol Air Polresta Denpasar langsung koordinasi dengan Tim Sar Denpasar dan masyarakat setempat (nelayan) untuk melakukan pencarian. Berdasarkan keterangan beberapa saksi yang tak lain masih keluarga Ardana, diketahui bahwa ia berlayar Kamis (23/4) pukul 17.00 Wita. Ardana bertolak dari Pantai Jimbaran untuk memasang jaring lobster dan biasanya telah kembali ke rumahnya pada pukul 18.00 Wita.

Bacaan Lainnya

“Karena tak kunjung kembali hingga larut malam, pihak keluarga melaporkannya kepada aparat terkait pada pukul 21.00 Wita,” ungkapnya.

Sementara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar Basarnas Bali, Gede Darmada mengatakan, setelah mendapatkan laporan pihaknya mengirim 5 personel menuju lokasi dengan membawa peralatan SAR lengkap. Tim tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Operasi SAR Basarnas Bali. Setibanya di lokasi tim melakukan koordinasi dengan potensi SAR, yakni Pol Air Polresta Denpasar kelompok Nelayan Jimbaran dan masyarakat setempat.

Pencarian dilakukan saat itu juga bersama tim SAR gabungan. Upaya pencarian di kisaran Perairan Jimbaran menggunakan 3 buah jukung dari kelompok nelayan Jimbaran di tempat di mana I Wayan Ardana biasanya memasang jaring, berjarak kurang lebih 6 km sebelah barat Pantai Jimbaran. Akhirnya pada pukul 00.30 Wita, tim menemukan Ardana dalam keadaan selamat.

“Posisi ditemukan seputar arah Barat Laut dari tempat penurunan jukung Pantai Jimbaran. Karena mesin jukungnya rusak. Wayan Ardana sudah diantar ke rumah keluarganya,” jelasnya. (007)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.