Dilengkapi Ruang Isolasi, RSU Bangli Siap Rawat Pasien Covid-19

Direktur RSU Bangli, dr I Nyoman Arsana.

BANGLI | patrolipost.com – Walaupun bukan sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani pasien positif terpapar virus Corona (Covid-19), Rumah Sakit Umum (RSU) Bangli menyediakan ruang isolasi bagi pasien positif Covid-19. Dengan tersedianya ruang isolasi maka RSU Bangli bisa menangani perawatan pasien positif Covid-19.

Direktur RSU Bangli dr I Nyoman Arsana saat dikonfirmasi membenarkan telah menyedikan ruang isolasi dan ruang pengambilan sampel swab. ”Untuk ruang isolasi kami memanfaatkan ruang Wings  yang  berdekatan dengan ruang IGD,” ujar Nyoman Arsana, Jumat (24/4/2020).

Bacaan Lainnya

Beber Nyoman Arsana, ruang isolasi dilengkapi dengan enam bed (tempat tidur). Sementara petugas yang nantinya akan bertugas di ruang isolasi juga telah disiapkan.

“Untuk ruang isolasi diperuntukkan bagi pasien positif yang sakit,” kata direktur asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani ini. Sementara jumlah petugas medis yang ditugaskan di ruang isolasi  yakni 20 perawat dan beberapa dokter.

Kebijakan yang diambilnya adalah sebagai bentuk langlah antisipasi jika sewaktu-waktu ada ledakan jumlah pasien positif Covid-19 yang harus mendapat penanganan medis.

Selain itu pihaknya juga menyiapkan ruangan khusus untuk pengambilan sampel Swab. ”Dengan ketersediaan ruangan khusus pengambilan usap hidung dan tenggorokan  untuk swab maka pasien tidak lagi harus ke RS Sanglah  untuk sampel bisa diambil di RS Bangli sebelum dikirim ke RS Sanglah,” jelasnya.

Diapresiasi Dewan

Terpisah anggota DPRD Bangli, Dewa Gede Suamba Adnyana sangat mengapresiasi kebijakan yang dilakukan Direktur RSU Bangli.

“Kami salut dengan langkah yang diambil Direktur RS Bangli yang menyiapkan ruang isolasi bagi pasien positif Covid-19,” kata anggota dewan asal Desa Abuan Kecamatan susut ini.

Kata Dewa Suamba  walaupun bukan sebagai RS rujukan, tentu dengan keberadaan ruang isolasi  setidaknya  sebagai bentuk langkah antisipasi ke depannya jika terjadi lonjakan kasus Covid-19.

”Berkaca dari kasus pasien positif dari Bangli yang sempat dipulangkan RSUP Sanglah, dengan ketersediaan ruang isolasi  di RSU Bangli tentu hal serupa tidak terulang lagi, walaupun  untuk pasien positif penanganannya  menjadi tanggung jawab pemprov, kami selaku wakil rakyat sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan pihak RSU Bangli,” jelas politisi asal PDIP ini.

Selain itu dengan adanya  ruang pengambilan sampel untuk test swab, tentunya pasien akan merasa dimudahkan. Artinya  pasien tidak harus  lagi jauh-jauh ke RS Sanglah Denpasar.

Lanjut Dewa Suamba,  untuk tenaga medis yang ditugaskan di ruang isolasi tentunya harus mendapatkan insentif  “Melihat risiko pekerjaan mereka layak mendapat insentif,” kata  mantan PMI ini.

Hal senada juga diungkapkan anggota DPRD Bangli, Kadek Diana, pihaknya sangat mendukung kebijakan yang telah diambil Direktur RSU Bangli dengan menyediakan ruang isolasi dan test swab.

Dalam kesempatan ini Kadek Diana berharap untuk pelaksanaan rapid test  tidak lagi dilakukan di Puskesmas namun dipusatkan di RS Bangli. ”Kondisi Puskesmas ramai dengan pasien, kami takut justru pasien lain bisa terkontaminasi Covid-19, alangkah baiknya untuk rapid test dipusatkan di RS Bangli,” jelas  politisi PDIP ini. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.