Tadi Malam Tarawih, Sebagian Umat Islam di Maluku Sudah Puasa Hari Ini

taraweh
Tarawih berjamaah di masjid tadi malam, sebagian umat Islam di Maluku sudah puasa hari Ini. (ilustrasi/net)

MALUKU | patrolipost.com – Sebagian umat Islam di Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, sudah mulai melaksanakan puasa Ramadhan hari ini, Rabu (22/4/2020).

Sementara pemerintah melalui Kementerian Agama belum menetapkan kapan jatuhnya 1 Ramadhan 1441 Hijriah. Sedangkan Muhammadiyah, jauh-jauh hari sudah mengumumkan, menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada Jumat, 24 April 2020.

Dikutip dari Tempo.co, umat Islam di Desa Wakal (Kecamatan Leihitu) dan Tengahtengah (Kecamatan Salahutu) di Kabupaten Maluku Tengah, serta Desa Dai dan Pulau Panjang di Kecamatan Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur, sudah melaksanakan salat Tarawih Selasa malam.

Kendati ada larangan dari pemerintah melaksanakan salat berjamaah di masjid untuk mencegah penyebaran virus Corona, namun jamaah tetap ramai salat Tarawih di masjid, seperti Ramadhan sebelumnya. Warga dari berbagai usia berbondong-bondong ke masjid untuk melangsungkan salat Tarawih berjamaah.

Di Desa Wakal dan Tengah Tengah yang berada di wilayah Pulau Ambon misalnya, Shalat Tarawih digelar hingga ke pelataran masjid karena banyaknya jamaah yang hadir.

Salat Tarawih di Desa Wakal dilaksanakan di Masjid Nurul Awal, sedangkan Salat Tarawih di Desa Tengah Tengah dipusatkan di Masjid An Ni’ma. Penetapan pelaksanaan 1 Ramadhan 1441 Hijriah di Desa Wakal, Tengah Tengah, Dai dan Pulau Panjang telah diumumkan sebelumnya oleh imam dan penghulu masjid setempat saat pelaksanaan Shalat Jumat, 17 April 2020.

Pelaksanaan ibadah puasa 1441 Hijriah di Maluku bervariasi, warga Muslim memulai puasa pada 23 April, 24 April dan 27 April 2020.

Selain Desa Wakal yang berpuasa paling awal, 11 desa lainnya di Kecamatan Leihitu, seperti Kaitetu, Seith dan Negeri Lima melaksanakan puasa pada Kamis 23 April, sedangkan delapan desa lainnya berpuasa pada Jumat, 24 April 2020.

Sementara warga Muslim di Desa Kabauw dan Rohomoni di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah diketahui akan memulai ibadah puasa 1 Ramadhan 1441 Hijriyah pada Senin, 27 April 2020. (305/grc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.