Hanura Mabar Jaring 3 Pasang Cabub/Cawabub dan 7 Perseorangan

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) secara resmi menutup pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Manggarai Barat periode 2020 – 2025, pada Rabu, 31 Oktober 2019.

Dibuka dari tanggal 21-31 Oktober 2019, DPC Hanura berhasil menjaring 3 paket Bacabup dan Bacawabup, serta 7 kandidat yang mendaftar melalui jalur perseorangan. Tiga paket Bacabup & Bacawabup yang terdaftar yakni: Matheus Hamsi – Tobi Wanus (Paket HATI), Gusti Gereng – Fidelis Syukur (Paket Guide) dan Edi Endi – Yulianus Weng.

Sementara 7 kandidat yang mendaftar melalui jalur perseorangan terdiri dari 4 kandidat yang mendaftar sebagai Bacabup dan 3 kandidat yang mendaftar sebagai Bacawabup. Untuk 4 Bacabup tersebut yakni; Maria Geong, Muhammad Achyar, Andrea Djemalu dan Andre Garu. Sedangkan 3 kandidat Bacawabup yakni; Abdul Aziz, Paskalis Baut dan Bernardus Barat Daya.
 
Menurut Sekertaris DPC Hanura Manggarai Barat Emerensianus Robenson Nomer, semua kandidat yang telah mendaftar, baik melalui jalur paket atau perorangan, akan diakomodir oleh Hanura Mabar. Hal ini bertujuan guna mencari kandidat yang terbaik yang akan memegang target Hanura yakni memenangi Pilkada serentak 2020 nanti.

“Target Hanura yakni harus menang di Pilkada 2020 nanti. Berkaca pada 2 Pilkada sebelumnya, yakni pada tahun 2010 dimana Kader yang diusung Hanura Mabar (Fidelis Pranda – Vincent Pata) kalah bersaing dengan kandidat lain. Pun demikian pada pilkada tahun 2015, dimana Hanura Mabar terpaksa “digantung” jelas Nomer.

“Kali ini kita (Hanura Mabar) targetkan menang. Kita akan betul-betul menyeleksi kandidat-kandidat yang telah mendaftar, baik itu kader maupun non kader,” lanjut Nomer.

Disinggung soal adanya biaya administrasi yang harus dikenakan kepada para pendaftar, Nomer tak menampik hal itu. Dirinya mengakui jika dana dari biaya administrasi itu digunakan pada saat penyambutan para kandidat.

“Biaya administrasi yakni 2.000.000/orang, semua pendaftar pun telah melunasi itu. Dana tersebut digunakan untuk acara penyambutan tiap pendaftar (baik paket maupun perorangan). Jadi saat penyambutan dan ramah tamah, kita memberikan tiap pendaftar beberapa souvenir yakni, selendang, patung komodo dan buku,” ujar Nomer.

Menurut Nomer, proses penjaringan pun sudah dimulai saat tiap pendaftar diterima di Sekretariat DPC, proses ini dilakukan oleh Tim 5. “Tim ini yang langsung menilai tiap pendaftar, baik pada saat pemaparan visi dan misi, pada saat obrolan santai atau melihat track record dari tiap pendaftar,” lanjutnya.

Berkas pendaftar akan dibawa ke DPD di Kupang pada 09 November 2019, sekaligus dilakukan rapat pleno dan dilanjutkan dengan fit & proper test. Untuk Fit & proper test daratan Flores Barat akan diadakan di Labuan Bajo.

Pemilihan kader yang akan diusung Hanura Mabar akan berdasarkan usulan DPC Dan DPD, selain itu pemilihan kader yang akan diusung pun adalah kandidat-kandidat yang telah mendaftar di Hanura Mabar.

Untuk diketahui, dari 4 Bacabup yang telah mendaftar melalui jalur perseorangan di DPC Hanura Mabar, terdapat salah satu kader Partai Hanura, yakni Andre Garu. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.