Peningkatan Pelayanan KB dengan Penyerahan APD BKKBN kepada IBI Bali 

Kepala BKKBN Bali menyerahkan APD kepada Ketua IBI Bali.

DENPASAR | patrolipost.com – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN) secara serentak melaksanakan pembukaan Pertemuan Nasional Peningkatan Kesertaan Ber-KB Tahun 2020 untuk Wilayah Sumatera, Bali, Banten, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui video teleconference dengan aplikasi webEx pada Rabu (15/4/2020).

Kepala BKKBN, dr Hasto Wardoyo Sp OG (K) dalam sambutannya menyampaikan, keluarga adalah hal utama yang menjadi dasar pertumbuhan penduduk yang tumbuh berkualitas dan seimbang. Sehingga BKKBN harus memberikan pelayanan dan upaya kinerja dengan baik berupa pelayanan KB oleh para bidang kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Jika kita gagal dalam mengawal Program KB, maka akan menjadi masalah baru dengan kelahiran tidak terkendali. Hal ini tentunya akan menambah tingkat kemiskinan, serta jarak kelahiran yang kurang dari dua tahun. Tidak hanya itu, dampak yang ditimbulkan juga berupa stunting dan jangan sampai ada krisis Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa menjadi beban pembangunan selanjutnya,” ungkapnya.

Pembukaan kegiatan ini juga dirangkaiakan dengan penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) oleh BKKBN Provinsi Bali kepada ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bali. Hal ini berkaitan dengan pandemik Covid-19 yang tengah terjadi saat ini.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Agus Proklamasi mengatakan, di tengah wabah Covid-19 yang telah terjadi saat ini, pelayanan harus tetap dijalankan sehingga untuk menghindari penyebaran Covid-19, maka APD ini sangat diperlukan.

“Pelayanan KB yang sifatnya secara langsung akan tetap dijalankan dengan prosedur yang aman sesuai dengan kondisi saat ini. Sehingga kami bersama BKKBN pusat dan provinsi lain menyerahkan APD kepada IBI yang selanjutnya akan diserahkan ke seluruh bidan di Provinsi Bali. Diharapkan juga penyedia pelayanan seperti bidan dapat membagikan masker ke pasien sebagai upaya pencegahan Covid-19 ini,” katanya.

Ketua PD IBI Provinsi Bali, Sukarsini menyampaikan apresiasi terhadap perwakilan BKKBN Bali dalam rangka optimalisasi pelayanan KB di tengah wabah Covid-19.

“Kami ucapkan terimakasih kepada BKKBN yang telah memberikan APD karena pelayanan harus tetap dilaksanakan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami terkait anjuran dan petunjuk yang telah diberikan agar kami tetap maksimal dalam memberikan pelayanan. Besar harapan kami agar kiranya kegiatan ini terus berlanjut di setiap tahunnya,” harapnya. (007)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.