Kwarda Bali Pasang Wastafel Cuci Tangan Berhadiah, Edukasi Masyarakat Terapkan PHBS

Edukasi masyarakat, Kwarda Gerakan Pramuka Bali luncurkan program “Cuci Tangan Berhadiah”. (ist)

 

Bacaan Lainnya

 

DENPASAR | patrolipost.com – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali meluncurkan program “Cuci Tangan Berhadiah”, untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar, sebagai bagian dari penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), salah satu cara mencegah penularan Virus Covid-19. Menariknya, bagi masyarakat yang mencuci tangan dengan cara yang tepat, akan mendapatkan souvenir. Pada program ini, Kwarda Bali melalui Satgas Pramuka Peduli Covid-19 Kwarda Bali akan memasang wastafel portable di sejumlah tempat umum, Selasa (14/4/2020).

”Sementara, wastafel portable dalam kegiatan ini baru dipasang di depan Gedung Pramuka Kwarda Bali, selanjutnya akan diperluas ke tempat-tempat strategis lainnya,” kata I Made Rentin, Selaku Ketua Kwarda Bali yang sekaligus sebagai Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali.

Kwarda Bali melalui Relawan Pramuka Peduli, bekerjasama dengan beberapa perusahaan, diantaranya PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Direct Distribution System (DDS) Bali, menyiapkan wastafel portable di Jl. Kapten Tantular No. 11 Niti Mandala Renon, tepatnya di depan Gedung Pramuka, untuk mengajak masyarakat Bali kususnya seputaran Denpasar agar senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

I Made Rentin menambahkan, saya mengajak masyarakat untuk kerja sama agar dapat mentaati yang menjadi aturan, karena itu semuanya untuk kebaikan dari pada kita sendiri.

“Mari kita biasakan mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir. Sebab, salah satu kunci agar tidak terkena virus Covid-19 ini ada di tangan. Penyebaran virus ini lebih cepat menjalar melalui tangan yang kotor,” tukasnya I Made Rentin seraya berujar akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat, melalui Relawan Pramuka Peduli Kwarda Bali.

Sementara itu Ketua Satgas Pramuka Peduli Covid-19, Mayor Laut (KH) Bagus Partha Wijaya mengatakan, fasilitas cuci tangan berhadiah ini terbuka untuk masyarakat umum, namun setiap peserta harus memenuhi persyaratan, diantaranya menggunakan masker, dan menjaga jarak dengan yang lain, seperti yang sudah diatur oleh panitia. Hal ini selain mengedukasi PHBS dengan mencuci tangan dengan benar, juga dapat mengedukasi tentang penggunaan masker dan Physical Distancing, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Setiap peserta yang mencuci tangan, berhak mendapat kesempatan undian hadiah menarik berupa T-shirt, Handsanitizer, Masker, Sabun Cuci Tangan, Pin, Buff, Gelang Sport, Tumbler dan masih banyak lagi, hanya dengan mencuci tangan saja,” tuturnya.

Salah satu warga I Made Oka (24) mengapresiasi kepedulian Pramuka Kwarda Bali, dalam melakukan kegiatan kemanusiaan, salah satunya program Cuci Tangan Berhadiah ini, dan berharap masyarakat dapat ikut serta menjaga dan menggunakan wastafel ini dengan baik

“Karena sekarang ini warga yang postif wabah virus corona semakin banyak dan rasa kekwatiran sangat dekat dengan diri kita, fasilitas ini sangat baik sekali disediakan tempat cuci tangan begini, sehingga kami masyarakat umum tidak kesulitan untuk cuci tangan saat setelah berkunjung ke kantor samsat. Jadi kita bisa memanfaatkan wastafel ini sebaik mungkin. Semua untuk kebaikan warga Denpasar khususnya,” sebutnya. (*/Cr01)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.