Ini Pesan Pasien Pertama Positif Covid-19 NTT di Kanal Youtube

Kadis Kesehatan NTT, Dominggus Mere didampingi Karo Humas NTT, Marius Jelamu saat memberi keterangan pers. (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – El As, pasien pertama asal Kabupaten Alor yang dinyatakan positif Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak masyarakat NTT untuk memberikan dukungan kepadanya. Saat ini, El tengah diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr WZ Yohanes Kupang, sejak Kamis (9/4/2020) malam.

Ajakan El ini disampaikannya melalui sebuah video yang diupload di kanal YouTube miliknya yang diunggah pada Kamis (9/4/2020) malam. Video dengan judul “Positif Corona Pertama NTT, Klarifikasi Terkait Banyak Keluarga dan Teman yang Bertanya Sejak Sore”’. Dalam video yang berdurasi 18,45 menit tersebut, El mulanya menjelaskan bahwa dirinya merupakan pasien pertama di NTT yang dinyatakan positif Covid-19 setelah melalui 2 kali pemeriksaan Swab oleh petugas Medis di (RSUD) Prof Dr WZ Yohanes Kupang.

Selain itu, El juga menjelaskan kronologis kejadian yang mengakibatkan ia dinyatakan terkena Virus Covid-19. El menjelaskan bahwa sebelumnya ia melakukan perjalanan ke Yogyakarta untuk melanjutkan studi. Dia melakukan perjalanan tersebut sebelum adanya larangan beraktifitas di luar rumah dari pemerintah.

El melakukan kegiatan study lanjutan di Yogyakarta dimulai dari tanggal 1 Maret 2020 dan berlangsung selama seminggu. Setelah itu El melanjutkan study lanjutan di Jakarta dan berada di Jakarta dari tanggal 9 Maret – 13 Maret 2020. Di Jakarta, tepatnya pada tanggal 15 Maret 2020, El dan tim study lanjutan mendapat informasi bahwa kegiatan study lanjutan dihentikan dan dilanjutkan secara online.

Mengetahui hal tersebut, El pun memutuskan untuk kembali ke Kupang, Hal ini dikarenakan El memiliki riwayat sakit asam lambung dan sering mengalami meriang semenjak ia berangkat dari  Alor, tempat asalnya. Keputusan pulang ke Kupang ini juga agar Ia mendapat perawatan dari keluarganya.

“Saya mengambil keputusan kembali ke Kupang karena riwayat sakit Saya ini  harus mendapatkan penanganan. Jadi istri saya atau mertua bisa siapkan makan dan minum dan pengobatan di rumah. Jadi Saya bisa lebih cepat pulih kalau berada di Kupang ” jelas El.

Sebelum tiba di Kupang, El sempat singgah di Bali untuk bertemu keluarganya, yakni pada tanggal 18 Maret 2020. Dan kemudian menuju Kupang pada tanggal 22 Maret 2020. Selama berada di Bali dan setibanya di Kupang, El tidak mengalami gejala-gejala yang ditakutkan. Ia hanya merasa meriang yang sudah sering dirasakan sebelum berangkat ke Yogyakarta. Selain itu, ia juga mengenakan masker dan sering membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Di Kupang, El langsung melakukan karantina mandiri di rumahnya. Makan dan minum untuknya juga disiapkan terpisah dengan keluarga.

Pada tanggal 25 Maret 2020, El mendapati informasi bahwa salah satu temannya yang berada di Jakarta yang sama-sama mengikuti kegiatan studi lanjutan dinyatakan PDP dan selanjutnya dinyatakan positif Covid -19. Informasi ini mendorong El untuk melakukan pemeriksaan di RSUD Prof Dr WZ Yohanes Kupang.

“Tanggal 27 Saya langsung ke RSUD, disana sudah ada Posko Satgas. diambil darah dan dilakukan pemeriksaan swab. Setelah itu Saya diperbolehkan pulang,” jelas El dalam video.

Menurut El, hasil pemeriksaan Swab seharusnya disampaikan pada tanggal 4 April 2020, tapi sampai tanggal yang dimaksud ia belum mendapati hasil tersebut. Barulah tanggal 9 April 2020, El kembali dipanggil untuk kembali melakukan tes Swab. Dari hàsil tersebut El dinyatakan Positif Covid-19.

“Dokter sampaikan bahwa Saya orang pertama yang dinyatakan yang dinyatakan positif Covid-19 di NTT,” sebutnya.

Dalam video tersebut El juga meminta dukungan dari semua masyarakat agar dirinya bisa cepat pulih. Selain itu El juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi anjuran pemerintah.

“Tanpa ada maksud apa-apa, Saya mohon dukungan semua keluarga teman yang nonton video ini. Tolong dukung penderita. Berikan kata-kata yang memotivasi Saya agar Saya bisa cepat pulih. Saya juga mohon kepada semua yang menonton video ini untuk tetap ikuti anjuran pemerintah. Itu paling penting,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr  Dominggus Mere membenarkan adanya salah satu warga NTT yang positif Covid-19.

“Pasien tersebut saat ini sedang dirawat di ruang isolasi RSUD Prof Dr WZ Yohanes Kupang sejak tadi malam,” Kata Dominggus kepada wartawan, Jumat (10/4/2020). (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.